Pengaruh Program Head Start on Science and Communication dalam Pembelajaran Sains terhadap Kemampuan Komunikasi (dibimbing oleh Abdullah Sinring dan Latief Ali).

MUSAWWIR, MUSAWWIR (2014) Pengaruh Program Head Start on Science and Communication dalam Pembelajaran Sains terhadap Kemampuan Komunikasi (dibimbing oleh Abdullah Sinring dan Latief Ali). Diploma thesis, universitas negeri makassar.

[img] Text
MUSAWWIR. 2014.docx

Download (15kB)

Abstract

ABSTRAK MUSAWWIR. 2014. Pengaruh Program Head Start on Science and Communication dalam Pembelajaran Sains terhadap Kemampuan Komunikasi (dibimbing oleh Abdullah Sinring dan Latief Ali). Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen yang bertujuan mengetahui seberapa besar pengaruh Program Head Start on Science and Communication terhadap kemampuan komunikasi yang diterapkan ke anak-anak didik di TK. Bawakaraeng Makassar yang menggunakan modul pelaksanaan HSSC yang telah melalui proses validasi oleh validator ahli. Penelitian ini menerapkan inetervensi yang menekankan peran aktif orang tua dan guru dalam proses pembelajaran, selain itu materi yang digunakan adalah metode proyek sains yang bertujuan untuk mengajak anak untuk lebih aktif dalam proses belajar. Pendekatan dan jenis penelitiannya menggunakan metode penelitian eksperimen dengan model one group pretest posttest design dimana penelitian ini dilakukan dengan memberikan pres tes sebelum intervensi dan memberikan posttest setelah pemberian intervensi. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 15 siswa yang dipilih berdasarkan krtieria yang telah ditentukan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi langsung dan menilai dari kemampuan komunikasi berdasarkan skala komunikasi yang telah divalidasi. Skala kemampuan komunikasi dibuat berdasarkan indikator-indikator yaitu kemampuan mengingat, pemahaman informasi, kemampuan menghubungkan, kemampuan analisis sederhana dan kemampuan menilai. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis wilcoxon, analisis ini digunakan untuk penelitian yang menggunakan pendekatan nonparametrik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi perubahan signifikan kemampuan komunikasi anak didik di TK. Bawakaraeng, hal ini ditunjukkan dengan hasil analisis wilcoxon sebesar -3,411. Nilai ini sesuai dengan kaidah hasil analisis data lebih besar dari 0,5 (α > 0,5). Berdasarkan indikator-indikator penelitian juga menunjukkan perubahan yang signifikan dimana terjadi peningkatan yang signifikan antara skor sebelum dan sesudah pemberian intervensi. Kesimpulannya bahwa penggunaan program HSSC dalam proses pembelajaran metode proyek mampu meningkatkan kemampuan komunikasi pada anak didik. Kata Kunci : Program Head Start on Science and Communication, Pembelajaran Sains, kemampuan komunikasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Pendidkan
Divisions: ?? sch_edu ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 29 Apr 2016 02:10
Last Modified: 29 Apr 2016 02:10
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/594

Actions (login required)

View Item View Item