Pengaruh Pelaksanaan Metode Eksperimen Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SDN 38 Kolai Kabupaten Enrekang

Rasyid, Muhammad Ansyarih (2017) Pengaruh Pelaksanaan Metode Eksperimen Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SDN 38 Kolai Kabupaten Enrekang. S1 thesis, Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
PENGARUH PELAKSANAAN METODE EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA SDN 38 KOLAI KABUPATEN ENREKANG.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian berlandaskan pada masalah siswa masih mendengarkan materi dan mencatat hal-hal yang penting dari materi. Hal ini menunjukan bahwa guru belum menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi sesuai dengan materi yang dipelajari serta yang tidak mengutamakan pengalaman langsung pada siswa, sehingga pemahaman pada materi menjadi kurang dan prestasi belajar siswa rendah. Penelitian ini bertujuan untuk (1) memperoleh gambaran pelaksanaan metode eksperiman (2) memperoleh gambaran hasil belajar IPA siswa (3) memperoleh gambaran Apakah ada pengaruh penggunaan metode eksperiman terhadapa hasil belajar IPA di SDN 38 Kolai kabupaten Enrekang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen pre-eksperimental dengan melibatkan satu kelompok eksperimen dengan desain the one group pretest- postest design. Variabel terikat dalam penelitian ini yaitu Hasil belajar IPA siswa dan variabel bebasnya adalah pelaksanaan metode eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SDN 36 Kolai Kabupaten Enrekang yaitu berjumlah 155 siswa. Sampel yang diambil merupakan kelas IV yang berjumlah 18 siswa yang terdiri dari 6 laki-laki dan 12 perempuan. Secara keseluruhan keterlaksanaan metode eksperimen dalam pembelajaran pada pertemuan pertama, kedua dan ketiga memiliki rata-rata persentase 81,48 yang berada pada kategori yang baik. tingkat hasil belajar IPA siswa SDN 38 Kolai Kabupaten Enrekang pada pretest dan postest didapatkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar IPA siswa setelah diberikan perlakuan berupa pelaksanaan metode eksperimen siswa SDN 38 Kolai Kabupaten Enrekang. Tes hasil belajar IPS siswa dianalisis dengan menggunakan rumus t-test melalui bantuan SPSS 20.0 for Windows. Tampak pada signifikansi sampel paired t test P-Value = 0,010 yang lebih kecil dari 0,05 dari jumlah 18 orang siswa maka berlaku bahwa sampel dapat mewakili populasi dari perolehan tes hasil belajar IPA siswa memiliki data normal dan sampel yang dipilih dapat mewakili populasi, ini berarti bahwa Ho ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian terdapat pengaruh Pelaksanaan Metode Eksperimen Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SDN 38 Kolai Kabupaten Enrekang.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Pendidikan Dasar s2
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 21 Mar 2018 06:28
Last Modified: 21 Mar 2018 06:28
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5910

Actions (login required)

View Item View Item