Pengaruh Strategi Pembelajaran Assurance, Relevance, Interest, Assesment, Satifaction (ARIAS) Terintegrasi Model Kooperatif Tipe TPS Terhadap Minat, Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Tinambung

ASMADI, ASMADI (2016) Pengaruh Strategi Pembelajaran Assurance, Relevance, Interest, Assesment, Satifaction (ARIAS) Terintegrasi Model Kooperatif Tipe TPS Terhadap Minat, Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Tinambung. S1 thesis, Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
artikel59E225E9D680F50056EA1B397897125B.pdf

Download (197kB) | Preview

Abstract

Pengaruh Strategi Pembelajaran Assurance, Relevance, Interest, Assesment, Satifaction (ARIAS) Terintegrasi Model Kooperatif Tipe TPS Terhadap Minat, Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Tinambung (dibimbing oleh Muh. Jufri dan Alimuddin). Srategi pembelajaran ARIAS terintegrasi model kooperatif tipe TPS merupakan suatu model dan strategi pembelajaran yang mengasumsikan bahwa semua jenis kegiatan diskusi dalam kelas harus dilaksanakan dalam bentuk kerja kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (i) Minat Belajar biologi siswa yang diajar dengan pembelajaran ARIAS terintegrasi model kooperatif tipe TPS. (ii) Motivasi belajar biologi siswa yang diajar dengan pembelajaran ARIAS terintegrasi model kooperatif tipe TPS., (iii) Hasil belajar biologi siswa yang diajar dengan pembelajaran ARIAS terintegrasi model kooperatif tipe TPS. (iv) Pengaruh strategi pembelajaran ARIAS terintegrasi model kooperatif tipe TPS motivasi belajar siswa, (v) Pengaruh pembelajaran ARIAS terintegrasi model kooperatif tipe TPS terhadap hasil belajar biologi siswa.Jenis Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Tinambung tahun pelajaran 2015/ 2016 semester genap. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) Minat belajar biologi siswa di kelas eksperimen berada pada kategori sangat tinggi, (ii) Motivasi belajar biologi siswa di kelas eksperimen berada pada kategori sangat tinggi; (iii) hasil belajar biologi siswa di kelas eksperimen berada pada kategori tinggi; (iv) penerapan strategi pembelajaran ARIAS terintegrasi model kooperatif tipe TPS berpengaruh terhadap minat belajar siswa; (v) penerapan strategi pembelajaran ARIAS terintegrasi model kooperatif tipe TPS berpengaruh terhadap motivasi belajar biologi siswa; (vi) penerapan strategi pembelajaran ARIAS terintegrasi model kooperatif tipe TPS berpengaruh terhadap pengaruh hasil belajar biologi siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Biologi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 21 Mar 2018 06:06
Last Modified: 21 Mar 2018 06:06
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5905

Actions (login required)

View Item View Item