Analisis Rendahnya Prestasi Belajar di SDN 33 Sossok Kabupaten Enrekang

Syamsul, Syamsul (2017) Analisis Rendahnya Prestasi Belajar di SDN 33 Sossok Kabupaten Enrekang. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
BAB 1 - Pendahuluan.pdf

Download (119kB) | Preview

Abstract

Prestasi Belajar siswa adalah hasil dari kegiatan belajar yang telah dilakukan dan merupakan bentuk perumusan akhir yang diberikan oleh guru untuk melihat sampai di mana kemampuan siswa yang dinyatakan dalam bentuk simbol, angka, huruf maupun kalimat yang dapat mencerminkan hasil yang sudah dicapai. Tujuan Penelitian ini adalah (i) Untuk mengetahui gambaran prestasi belajar siswa di SDN 33 Sossok Kabupaten Enrekang. (ii) untuk mengetahui faktor yang menyebabkan rendahnya prestasi belajar siswa di SDN 33 Sossok Kabupaten Enrekang.(iii) untuk mengetahui upaya yang telah dilakukan untuk di SDN 33 Sossok Kabupaten Enrekang. Lokasi penelitian ini di SDN 33 Sossok Kabupaten Enrekang. Sumber data utama dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru, Pengawas Sekolah. Komite Sekolah, Orang Tua dan Siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif yaitu: reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) Gambaran prestasi belajar rendah siswa di SDN 33 Sossok bahwa berdasarkan data nilai ulangan harian maupun nilai laporan pendidikan, mata pelajaran yang dianggap mudah yaitu PAI, Bahasa Indonesia, dan PJOK. Sedangkan yang dianggap sulit pertama adalah Matematika menyusul IPS, dan PKn. Kalau mata pelajaran yang lain ada yang menganggap mudah ada juga yang menganggap sulit. Sekalipun demikian yang dianggap mudah tersebut belum tentu sudah dapat dikuasai sepenuhnya oleh siswa, terbukti masih terdapat rata-rata dua puluh enam persen siswa yang memiliki prestasi belajar rendah.(ii) Faktor yang menyebabkan rendahnya prestasi belajar siswa di SDN 33 Sossok Kabupaten Enrekang adalah Minat dan Motivasi belajar rendah, Kosentrasi dalam belajar rendah, Keterarahan dalam belajar rendah dan Perilaku dalam belajar juga rendah, kesiapan anak belajar kurang, rendahnya partisifasi dan support dari keluarga, dan pengaruh lingkungan yang lebih cenderung focus pada hal-hal yang bersifat materi..(iii) Upaya yang telah dilakukan untuk meningkatkan prestasi belajar di SDN 33 Sossok Kabupaten Enrekang yaitu melengkapi sarana prasarana penunjang, menciptakan suasana lingkungan sekolah dan lingkungan belajar yang nyaman dengan kata lain menciptakan kondisi sekolah ramah anak, memberikan motivasi dan bimbingan dalam belajar, mengadakan les secara berkala sebagai tambahan pelajaran bagi siswa, termasuk menjalin komunikasi dan kerja sama dengan berbagai pihak. ABSTRACT Syamsul. 2017. Analysis of Low Learning Achievement in SDN 33 Sossok Enrekang Regency guided by Sulaiman Samad and Muhammad Anas. Student learning achievement is the result of learning activities that have been done and is the final formulation provided by the teacher to see where the students' abilities are expresssed in the form of symbols, numbers, letters or sentences that can reflect the results already achieved. The purpose of this study is (i) To know the picture of student achievement in SDN 33 Sossok Enrekang District. (Ii) to find out the factors causing low student achievement in SDN 33 Sossok Enrekang Regency, (iii) to know the effort that has been done for SDN 33 Sossok Enrekang Regency. The location of this research is at SDN 33 Sossok Kabupaten Enrekang. The main data sources in this study are the Principal, Teacher, School Supervisor. School Committee, Parents and Students. Data collection techniques used were observation, interview, and documentation. The collected data then analyzed by qualitative descriptive method that is: data reduction, data presentation, and data verification. The results showed that (i) the low learning achievement of students in SDN 33 Sossok that based on daily test data value and the value of education report, subjects considered easy are PAI, Bahasa Indonesia, and PJOK. While the first considered difficult is the Mathematics following IPS, and Civics. If other subjects there who consider easy there is also considered difficult. However, those who are considered easy may not be fully mastered by students, there are still an average of twenty six percent of students with low learning achievement, (ii) Factors that cause low student achievement in SDN 33 Sossok Enrekang Regency is Interest And low learning motivation, low learning concentration, low learning disabilities and low learning behavior, readiness of children to learn less, low partisifasi and support from family, and environmental influences that are more likely to focus on things that are material .. ( Iii) Efforts that have been made to improve learning achievement in SDN 33 Sossok Enrekang Regency that is complementary supporting infrastructure, create a school environment atmosphere and a comfortable learning environment in other words create a child-friendly school conditions, provide motivation and guidance in learning, Periodically as an additional lesson N for students, including establishing communication and cooperation with various parties.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Pendidikan Dasar s2
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 21 Mar 2018 04:19
Last Modified: 21 Mar 2018 04:19
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5896

Actions (login required)

View Item View Item