Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI-TPS melalui Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Matematika Di Kelas VIII SMPN 13 Makassar

SARWEDY, SARWEDY (2017) Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI-TPS melalui Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Matematika Di Kelas VIII SMPN 13 Makassar. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
ARTIKELKU.docx

Download (57kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan model pembalajaran kooperatif tipe TAI-TPS melalui pendekatan Saintifik dalam pembelajaram Matematika pada siswa kelas VIII SMPN 13 Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian unit satuan eksperimen. keefektifan yang dimaksud dilihat dari (1) hasil belajar siswa, (2) aktivitas siswa, dan (3) respons siswa. Desain Penelitian ini adalah Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 13 Makassar dan yang menjadi sampel adalah kelas VIII 2 yang di pilih secara acak(random sampling). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah THB, L.O.Aktivitas Siswa, angket respon siswa, L.O.Keterlaksanaan Pembelajaran. Data yang dikumpulkan terdiri atas hasil belajar siswa, data aktivitas siswa dalam pembelajaran, dan data respons siswa terhadap perangkat dan pembelajaran. Data aktivitas siswa dan respons siswa dianalisis menggunakan persentase sedangkan data hasil belajar siswa dianalisis menggunakanan alisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukan bahwa Hasil belajar siswa yang diajar dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI-TPS melalui Pendekatan Saintifik berada pada kategori tinggi dengan rata-rata 83,00 dan standar deviasi 6,14. Serta terjadi peningkatan kemampuan siswa yang signifikan dari pre-test ke post-test. Aktivitas siswa dalam pembelajaran berada pada kategori aktif serta respons siswa terhadap perangkat dan pembelajaran termasuk dalam kategori positif. Hasil uji hipotesis pada taraf siginifikan α=0,05 dengan uji-t menunjukkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI-TPS melalui Pendekatan Saintifik efektif dalam Pembelajaran Matematika Di Kelas VIII.2 SMPN 13 Makassar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 21 Mar 2018 02:37
Last Modified: 21 Mar 2018 02:37
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5875

Actions (login required)

View Item View Item