NUR, MUHAMMAD ILHAM (2017) Pengembangan Instrumen Asesmen Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Materi Pokok Asam Basa. S1 thesis, Pascasarjana.
Text
BAB I.docx Download (51kB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian pendahuluan yang dilakukan meperlihatkan bahwa, instrumen asesmen yang digunakan di sekolah SMA Negeri 19 Gowa belum berorientasi pada keterampilan berpikir kreatif, jenis instrumen yang digunakan di sekolah memiliki tingkatan taksonomi kognitif C1 sampai C2, kadang digunakan C3. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh instrumen asesmen kemampuan berpikir kreatif pada meteri pokok asam basa yang valid dan realibel, dan kualitas instrumen asesmen yang baik. Jenis penelitian ini adalah Research and Development. Prosedur pengembangan produk yang digunakan menurut Borg and Gall. Pada tahap pendahuluan terbagi menjadi dua, yaitu studi lapangan dan studi literatur. Tahap pengembangan, melalui beberapa bagian, yaitu 1) menyusun jenis instrumen, 2) validasi ke pakar, 3) uji coba lapangan awal 4) uji coba pelaksanaan lapangan 5) produk akhir. Hasil dari penelitian ini adalah jenis instrumen yang digunakan memiliki tingkatan taksonomi kognitif C4 sampai C5, kadang digunakan C6. Instrumen asesmen yang dikembangkan adalah tes esai analisis yang berorientasi pada keterampilan berpikir kreatif siswa.Instrumen dinyatakan valid dan reliabel, dan telah memenuhi kualitas tes yang baik. Instrumen tersebut dapat mengukur kemampuan berpikir kreatif siswa.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | PASCASARJANA > PENDIDIKAN KIMIA - (S2) |
Divisions: | PROGRAM PASCASARJANA |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 20 Mar 2018 07:56 |
Last Modified: | 20 Mar 2018 07:56 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5859 |
Actions (login required)
View Item |