Pengembangan Modul Pembelajaran Literasi Statistika (Analisis Regresi Linier Sederhana dengan R)

WAHAB, ABDUL (2017) Pengembangan Modul Pembelajaran Literasi Statistika (Analisis Regresi Linier Sederhana dengan R). S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
1. Bab I Pendahuluan Iwa 9-11-17.docx

Download (49kB)

Abstract

ABDUL WAHABMasalah utama yang diangkat dalam penelitian ini adalah “bagaimana proses dan hasil pengembangan modul pembelajaran literasi statistika dengan materi analisis regresi linier sederhana menggunakan Program R untuk meningkatkan kemampuan literasi statistika di Stikes BBM Majene yang sahih, praktis, efektif, dan menarik?”. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan modul pembelajaran serta instrumen tes dan non tes yang sahih, praktis, efektif, dan menarik. Produk yang dikehendaki dalam penelitian ini adalah sebuah modul pembelajaran literasi statistika yang sahih, praktis, efektif, dan menarik. Demikian pula, perangkat pembelajaran dan instrumen-instrumen yang mendukung pengembangan modul pembelajaran literasi statistika. Produk yang dihasilkan meliputi; (1) Rencana Pembelajaran Semester (RPS), (2) Satuan Acara Perkuliahan (SAP), (3) Buku Petunjuk Penggunaan Modul (BPPM), (4) Modul Literasi Statistika (MLS), Lembar Kegiatan Mahasiswa (LKM); (6) Instrumen Tes, dan (7) Instrumen Non Tes. Proses pengembangan menggunakan model Four D (4D) dari Thiagarajan, Semmel, dan Semmel yang dimodifikasi menjadi tiga tahapan penting, yaitu; (1) tahap definisi dan analisis; (2) tahap disain dan pengembangan; dan (3) tahap evaluasi dan penyebaran. Pada tahap I: dilakukan pendefinisian dan analisis tentang kebutuhan mahasiswa, analisis materi, analisis tugas, dan penetapan tujuan pembelajaran spesifik. Pada tahap II: dilakukan perancangan modul dan perangkat pembelajaran, serta instrumen tes dan non tes yang terdiri dari instrumen penilai ahli dan instrumen lapangan. Selanjutnya, dilakukan uji kesahihan konstruk oleh penilai ahli dan uji empiris. Setelah modul dan perangkat, serta instrumen dinyatakan sahih, maka dilanjutkan dengan ujicoba I dan ujicoba II yang dilaksanakan di Stikes BBM Majene. Pada tahap III: dilakukan evaluasi modul berdasarkan hasil ujicoba, setelah itu finalisasai modul, dan terakhir disebarluaskan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk dan instrumen penelitian dinyatakan sahih, praktis dilaksanakan, efektif mencapai tujuan pembelajaran, dan menarik digunakan. Hasil ini dibuktikan dengan semua komponen modul terlaksana seluruhnya dengan mudah, peningkatan kemampuan literasi statistika dengan hasil belajar yang signifikan. Respon dosen dan mahasiswa terhadap pembelajaran sangat positif. Disimpulkan bahwa modul pembelajaran literasi statistika dengan materi regresi linier sederhana menggunakan Program R dinyatakan layak digunakan sebagai salah satu modul pembelajaran statistika di perguruan tinggi. Kata Kunci: Pembelajaran Modul, Literasi Statistika

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > ILMU PENDIDIKAN - (S3)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 20 Mar 2018 06:02
Last Modified: 20 Mar 2018 06:02
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5838

Actions (login required)

View Item View Item