Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Life Skill pada Materi Produktif Audio Video Sekolah Menegah Kejuruan

HUSAIN, ADE ILHAM (2017) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Life Skill pada Materi Produktif Audio Video Sekolah Menegah Kejuruan. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL ADE ILHAM HUSAIN.docx

Download (43kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pengembangan perangkat pembelajaran berbasis Life Skill pada materi produktif audio video sekolah menengah kejuruanyang valid praktis, dan efisien. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R & D) dengan menggunakan model 4D (Four-D) yang dikembangkan oleh Thagajaran yang langkah-langkah penelitian terdiri Define (Pembatasan), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), Disseminate (Penyebaran). Subjek dalam penelitian ini adalah guru produktif audio video dan siswa program keahlian teknik audio video di SMK Negeri 1 Enrekang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi ahli dan kuisioner uji coba produk. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis life skill yang dikembangkan telah layak untuk diujicobakan setelah divalidasi oleh ahli desain dan ahli materi. Ujicoba produk dilakukan dengan memberikan lembar kuisioner kepada subjek penelitian. Penilaian yang diberikan oleh subjek penelitian dinyatakan sangat baik dan layak untuk digunakan. Berdasarkan hasil penelitian maka disimpulkan bahwa pengembangan perangkat pembelajaran berbasis life skill telah memenuhi kategori kevalidan, kepraktisan, dan keefisienan sehingga layak untuk digunakan dalam lingkup wilayah SMK Negeri 1 Enrekang.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
FMIPA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 20 Mar 2018 02:56
Last Modified: 20 Mar 2018 02:56
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5828

Actions (login required)

View Item View Item