Peningkatan Kualitas Pembelajaran Membaca Memindai dengan Media Kamus Mini Siswa Kelas VII-B SMP Negeri 3 Majauleng Kabupaten Wajo

Firawati, Firawati (2012) Peningkatan Kualitas Pembelajaran Membaca Memindai dengan Media Kamus Mini Siswa Kelas VII-B SMP Negeri 3 Majauleng Kabupaten Wajo. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Firawati.docx

Download (16kB)

Abstract

ABSTRAK Firawati. 2012. “Peningkatan Kualitas Pembelajaran Membaca Memindai dengan Media Kamus Mini Siswa Kelas VII-B SMP Negeri 3 Majauleng Kabupaten Wajo” Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar. Dibimbing oleh Mahmudah dan H. A. Wardihan P. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) perencanaan kualitas pembelajaran membaca memindai dengan media kamus mini siswa kelas VII-B SMP Negeri 3 Majauleng Kabupaten Wajo, (2) pelaksanaan kualitas pembelajaran membaca memindai dengan media kamus mini siswa kelas VII-B SMP Negeri 3 Majauleng Kabupaten Wajo, (3) penilaian kualitas pembelajaran membaca memindai dengan media kamus mini siswa kelas VII-B SMP Negeri 3 Majauleng Kabupaten Wajo. Penelitian ini bersifat penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap yaitu: tahap perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-B yang berjumlah 16 orang. Alat pengambilan data berupa pedoman observasi, wawancara, dan dokumentasi foto. Analisis data tes dilakukan secara kuantitatif, sedangkan analisis data nontes dilakukan secara kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran membaca memindai dengan media kamus mini untuk menemukan makna kata dalam wacana mengalami peningkatan baik dalam tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada tahap perencanaan, kondisi pada siklus I, yaitu peneliti dan guru secara kolaboratif dengan menyamakan persepsi tentang penyusunan RPP yang akan dilaksanakan di kelas, meliputi bahan yang diajarkan, waktu, sumber belajar, media pembelajaran, dan penilaian akhir. Kemudian pada siklus II, berdasarkan hasil refleksi pada kegiatan siklus I, peneliti bersama guru mata pelajaran bahasa Indonesia merancang perencanaan ulang untuk mengatasi hal-hal yang dianggap kurang pada siklus I. Namun, hambatan dan kekurangan itu mampu diperbaiki pada siklus II sehingga perencanaan yang disusun mengalami peningkatan. Pada tahap pelaksanaan pembelajaran membaca memindai dengan media kamus mini untuk menemukan makna kata dalam wacana pada siswa kelas VII-B SMP Negeri 3 Majauleng Kabupaten Wajo pada siklus I belum terlaksana secara maksimal, karena masih banyak kendala yang dihadapi oleh guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Namun, pada siklus II terjadi perbaikan terhadap seluruh kekurangan dan keterbatasan yang terjadi sebelumnya sehingga berimplikasi pada pembelajaran membaca memindai dengan media kamus mini untuk menemukan makna kata dalam wacana. Pada tahap penilaian, hasil yang dapat dikumpulkan oleh peneliti bahwa siswa kelas VII-B SMP Negeri 3 Majauleng Kabupaten Wajo menunjukkan peningkatan dalam pembelajaran membaca memindai dengan media kamus mini. Hasil tes siswa yang telah dievaluasi menunjukkan kemajuan bagi proses pengajaran membaca memindai dengan media kamus mini. Nilai rata-rata siswa pada siklus I sebesar 53,90 dikategorikan rendah, sedangkan nilai pada siklus II sebesar 77,12 dikategorikan tinggi dengan persentase peningkatan 23,22%. Sesuai dengan hasil penelitian ini diajukan saran, yaitu bagi guru Bahasa dan Sastra Indonesia khususnya di tingkat SMP hendaknya kreatif dalam menerapkan media maupun metode yang digunakan dalam pembelajaran membaca memindai untuk menemukan makna kata dalam wacana. Saran terhadap siswa agar dalam mengikuti proses pembelajaran lebih semangat dan selalu berperilaku positif. Saran terhadap sekolah sebaiknya menyediakan fasilitas atau media yang memadai dalam proses pembelajaran terutama pada pembelajaran membaca memindai sehingga dapat meningkatkan mutu dan efektivitas pembelajaran di sekolah. Sedangkan, saran terhadap peneliti diharapkan menjadi bahan acuan bagi bidang studi Bahasa Indonesia yang akan mengadakan penelitian lanjutan yang lebih mendalam dan relevan, khususnya penelitian yang lebih luas tentang membaca memindai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Pendidkan
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 25 Apr 2016 06:49
Last Modified: 25 Apr 2016 06:49
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/58

Actions (login required)

View Item View Item