Manajemen Pendidikan dan Latihan Dalam Pembelajaran Sepak Bola di SMA Negeri 1 Alla Kabupaten Enrekang

Syamsul Junais, Junais, Syamsul (2017) Manajemen Pendidikan dan Latihan Dalam Pembelajaran Sepak Bola di SMA Negeri 1 Alla Kabupaten Enrekang. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL SYAMSUL JUNAIS.docx

Download (54kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran Manajemen Pendidikan Dalam Pembelajaran Sepak Bola di SMA Negeri 1 Alla Kabupaten Enrekang. Lokasi penelitian ini dipusatkan di SMA Negeri 1 Alla Kabupaten Enrekang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data utama dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, guru olah raga dan peserta pelatihan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif yaitu: reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data.Hasil penelitian manajemen pendidikan dalam pembelajaran sepak bola di SMA Negeri 1 Alla Kabupaten Enrekang. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa manajemen pendidikan dalam pembelajaran sepak bola di SMA Negeri 1 Alla Kabupaten Enrekang. terdiri dari (1) Analisis kebutuhan awal pembelajaran sepak bola dilakukan dengan baik dengan cara memberikan kepercayaan kepada guru PJOK. Pelajaran sepak bola dilaksanakan berdasarkan tuntutan kurikulum yang berlaku, mulai dari semester I sampai pada semester VI, selain itu sepak bola juga merupakan salah satu olehraga pilihan yang ditetapkan sebagai ekstra kurikuler; (2) Perencanaan disusun melalui analisa kebutuhan awal dengan pertimbangan atas saran-saran teman guru sejawat dan disesuikan dengan tingkat pertumbuhan dan perkembangan peserta didik. Pembelajaran sepak bola dilakukan berdasarkan jadwal pelajaran dan pengembangan diri cabang sepak bola. (3) Pelaksanaan pembelajaran berlangsung dengan baik dengan melibatkan siswa, orang tua dan masyarakat dalam penegmbangan pengelolaan pembelajaran. Kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pembelajaran sepak bola adalah lapangan yang masih belum memadai, alat yang masih kurang dan juga anggaran yang minim untuk pengalokasian sepak bola. Pelaksanaan pemebelajaran yang di kelola dengan baik sehingga sekolah ini memperoleh penghargaan/piala yang cukup membanggakan. (4) Evaluasi pembelajaran sepak bola telah berjalan dengan baik, evaluasi pembelajaran dilakukan oleh masing-masing guru bidang studi, begitu pula dengan guru PJOK. Guru melakukan perubahan jika terjadi kendalah tetapi disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 19 Mar 2018 03:44
Last Modified: 19 Mar 2018 03:44
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5793

Actions (login required)

View Item View Item