Faktor-faktor yang Mempengaruhi Tingkat Kepuasan Nasabah pada Bank Syariah Mandiri (BSM) Cabang Polewali

AHMAD, MUHAMMAD ASLAM (2018) Faktor-faktor yang Mempengaruhi Tingkat Kepuasan Nasabah pada Bank Syariah Mandiri (BSM) Cabang Polewali. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL Muhammad Aslam Ahmad.docx

Download (124kB)

Abstract

ABSTRAK Kualitas pelayanan (reliability, responsiveness, assurance, empathy dan tangible) sangatlah penting dalam dunia perbankan. Dengan memberikan layanan yang berkualitas tinggi adalah suatu keharusan untuk mencapai kepuasan nasabah. Untuk meningkatkan kepuasan nasabah, terlebih dahulu harus diketahui apakah pelayanan yang telah diberikan kepada nasabah selama ini telah sesuai harapan atau belum. Jika kualitas pelayanan yang diberikan sesuai harapan maka kepuasan yang dirasakan nasabah juga meningkat. Begitu juga sebaliknya, jika kualitas pelayanan yang diberikan tidak sesuai harapan maka kepuasan yang dirasakan nasabah juga menurun. Oleh karena itu rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (i) apakah faktor yang terdiri dari variabel reliability, responsiveness, assurance, empathy dan tangible mempunyai pengaruh baik secara simultan maupun secara parsial terhadap tingkat kepuasan nasabah pada Bank Syariah Mandiri (BSM) Cabang Polewali? (ii) variabel apa yang paling dominan mempengaruhi tingkat kepuasan nasabah pada Bank Syariah Mandiri (BSM) Cabang Polewali? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (i) pengaruh variabel yang terdiri atas dimensi reliability, responsiveness, assurance, empathy dan tangible terhadap tingkat kepuasan nasabah baik secara simultan maupun secara parsial pada Bank Syariah Mandiri (BSM) Cabang Polewali, (ii) variabel yang paling dominan mempengaruhi tingkat kepuasan nasabah pada Bank Syariah Mandiri (BSM) Cabang Polewali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) variabel reliability, responsiveness, assurance, empathy dan tangible mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap satisfaction atau tingkat kepuasan nasabah pada Bank Syariah Mandiri (BSM) Cabang Polewali baik secara simultan maupun secara parsial. Artinya, menurut nasabah variabel tersebut dianggap penting ketika akan melayani nasabah di bank dan dipercaya dapat meningkatkan kepuasan nasabah. (ii) variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap tingkat kepuasan nasabah adalah assurance. Dengan meningkatkan kepercayaan pada nasabah dapat membuat nasabah merasa aman dan nyaman baik menyimpan uang atau melakukan transaksi pada Bank Syariah Mandiri (BSM) Cabang Polewali.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 16 Mar 2018 08:17
Last Modified: 16 Mar 2018 08:17
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5776

Actions (login required)

View Item View Item