Pengaruh Supervisi Akademik Pengawas Sekolah dan Budaya Kerja Guru Terhadap Mutu Mengajar Guru SMA Negeri di Kabupaten Sidenreng Rappang

NASWEDI, NASWEDI (2017) Pengaruh Supervisi Akademik Pengawas Sekolah dan Budaya Kerja Guru Terhadap Mutu Mengajar Guru SMA Negeri di Kabupaten Sidenreng Rappang. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
Artikel.docx

Download (53kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh supervisi akademik pengawas sekolah dan budaya kerja guru terhadap mutu mengajar guru SMA Negeri di Kabupaten Sidenreng Rappang. Penelitian ini adalah penelitian ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru PNS pada Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) di Kabupaten Sidenreng Rappang yang terdiri dari sebelas sekolah dengan jumlah guru 306 orang. Pengambilan sampel menggunakan proporsional random sampling. Ukuran sampel dalam penelitian ini sebanyak 173 guru sebagai responden. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner dengan responden guru. Pengembangan instrumen dilakukan mulai dari menyusun indikator, kisi-kisi instrumen, kemudian butir-butir instrumen yang di validasi isi, validasi kriteria dan reliabilitas instrumen sehingga instrumen siap digunakan. Data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis infrensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa supervisi akademik pengawas sekolah sudah terlaksana dengan baik dan berada pada kategori sangat baik, budaya kerja guru baik dan berada pada kategori baik, serta mutu mengajar guru baik dan berada pada kategori baik pula. Hasil penelitian dengan menggunakan regresi linear sederhana dan regresi linear ganda menunjukkan bahwa: (1) supervisi akademik pengawas sekolah berpengaruh signifikan terhadap mutu mengajar guru SMA Negeri di Kabupaten Sidenreng Rappang. Hal ini berarti hasil supervisi akademik pengawas sekolah secara nyata berkontribusi pada mutu mengajar guru, (2) budaya kerja guru berpengaruh signifikan terhadap mutu mengajar guru SMA Negeri di Kabupaten Sidenreng Rappang. Hal ini berarti hasil budaya kerja guru secara nyata berkontribusi pada mutu mengajar guru, (3) supervisi akademik pengawas sekolah dan budaya kerja guru secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap mutu mengajar guru SMA Negeri di Kabupaten Sidenreng Rappang. Hal ini berarti hasil supervisi akademik pengawas sekolah dan budaya kerja guru secara bersama-sama berkontribusi nyata pada mutu mengajar guru.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Penelitian dan evaluasi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 16 Mar 2018 05:33
Last Modified: 16 Mar 2018 05:33
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5752

Actions (login required)

View Item View Item