Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Quantum dengan Pendekatan Accelerated Learning dalam Pembelajaran Matematika pada Siswa Kelas VIII SMP Swasta Akreditasi B di Kota Makassar

ZAINUDDIN, ZAINUDDIN (2017) Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Quantum dengan Pendekatan Accelerated Learning dalam Pembelajaran Matematika pada Siswa Kelas VIII SMP Swasta Akreditasi B di Kota Makassar. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
BAB I.docx

Download (49kB)

Abstract

ABSTRAK Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui keefektifan Penerapan Model Pembelajaran Quantum dengan Pendekatan Accelerated Learning dalam pembelajaran matematika materi Teorema Pythagoras. Keefektifan yang dimaksud dilihat dari (1) hasil belajar siswa, (2) aktivitas siswa, dan (3) respons siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Swasta akreditas B di Kota Makassar dan yang menjadi sampel adalah siswa kelas VIII D pada SMP Tut Wuri Handayani Makassar dan kelas VIII B pada SMP Muhammadiyah 12 Perumnas Makassar sebagai kelas eksperimen yang diajar menggunakan model Pembelajaran Quantum dengan Pendekatan Accelerated Learning yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah RPP, THB, LOAS, angket respons siswa, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, dan LKS. Data yang dikumpulkan terdiri atas hasil belajar siswa, data aktivitas siswa dalam pembelajaran, dan data respons siswa terhadap perangkat dan pembelajaran. Data aktivitas siswa dan respons siswa dianalisis menggunakan persentase sedangkan data hasil belajar siswa dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial.. Hasil penelitian menunjukan bahwa Hasil belajar siswa yang diajar dengan Model Pembelajaran Quantum dengan Pendekatan Accelerated Learning berada pada kategori tinggi dengan rata-rata 83,03 dan standar deviasi 6,24. Serta terjadi peningkatan kemampuan siswa yang signifikan dari pre-test ke post-test. Aktivitas siswa dalam pembelajaran berada pada kategori sangat aktif serta respons siswa terhadap perangkat dan pembelajaran termasuk dalam kategori positif. Hasil uji hipotesis pada taraf siginifikan α=0,05 dengan uji-t menunjukan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Quantum dengan Pendekatan Accelerated Learning efektif dalam Pembelajaran Matematika Di Kelas VIII SMP Tut Wuri Handayani Makassar dan SMP Muhammadiyah 12 Perumnas Makassar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 15 Mar 2018 08:26
Last Modified: 15 Mar 2018 08:26
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5728

Actions (login required)

View Item View Item