Umpan Balik oleh Dosen dalam Mengajar Bahasa Inggris

Muharjam, Muharjam (2017) Umpan Balik oleh Dosen dalam Mengajar Bahasa Inggris. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
8. CHAPTER 1.docx

Download (24kB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk menemukan strategi umpan balik yang digunakan oleh dosen dalam mengajar bahasa Inggris,(2) alasan dosen menggunakan umpan balik dalam mengajar bahasa Inggris, and(3) persepsi mahasiswa terhadap penggunaan umpan balik dalam mengajar bahasa Inggris pada Jurusan Bahasa Inggris Universitas Muhammadiyah Makassar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Tipe yang digunakan adalah analisa wacana. Pengumpulan data dari penelitian ini dilaksanakan melalui (1) rekaman video, (2) observasi, dan (3) wawancara. Data yang dikumpulkan digunakan untuk menganalisis strategi umpan balik yang digunakan oleh dosen dalam mengajar bahasa Inggris, alasan dosen menggunakan umpan balik dalam mengajar bahasa Inggris, dan persepsi mahasiswa terhadap penggunaan umpan balik dalam mengajar bahasa Inggris. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi umpan balik yang digunakan oleh dosen dalam mengajar bahasa Inggris adalah strategi waktu, jumlah, cara, dan pendengar. Dosen menggunakan umpan balik dalam mengajar bahasa Inggris karena hal itu merupakan cara untuk menyampaikan pelajaran kepada siswa, memberitahukan kesalahpahaman, membuat revisi dari masalah mahasiswa, mengenali masalah utama siswa dalam belajar bahasa Inggris, dan mengatasi masalah siswa secara langsung. Mahasiswa merasa bahwa umpan balik evaluatif dapat memberikan umpan balik langsung. Umpan balik evaluatif membantu siswa untuk berkembang ketika memberi dan menerima umpan balik. Siswa juga merasa bahwa mereka cukup membutuhkan umpan balik interaktif dan mengetahui kesalahan yang mereka buat.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > BAHASA INGGRIS (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 15 Mar 2018 07:50
Last Modified: 15 Mar 2018 07:50
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5718

Actions (login required)

View Item View Item