Peningkatan Motivasi, Aktivitas, dan Hasil Belajar Kognitif Biologi melalui Penerapan Model Pembelajaran KooperatifTipeTwo Stay Two Stray (TSTS)pada Siswa Kelas VIII.3 MTsN Gantarang Kindang

SYAMSI, NUR (2017) Peningkatan Motivasi, Aktivitas, dan Hasil Belajar Kognitif Biologi melalui Penerapan Model Pembelajaran KooperatifTipeTwo Stay Two Stray (TSTS)pada Siswa Kelas VIII.3 MTsN Gantarang Kindang. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
BAB.pdf

Download (148kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi, aktivitas, dan hasil belajar kognitif biologi siswa dengan menggunakan model pembelajaran two stay two stray pada siswa kelas VIII.3 MTsN Gantarang Kindang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Peneltian ini dilaksanakan di MTsN Gantarang Kindang dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VIII.3 pada semester genap tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 23 orang. Data motivasi belajar diperoleh dengan menggunakan angket motivasi, data aktivitas belajar dengan menggunakan lembar observasi, sedangkan data hasil belajar biologi diperoleh dengan menggunakan tes hasil belajar pada setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) pada mata pelajaran biologi dapat meningkatkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penggunaan model pembelajaran two stay two stray dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dengan nilai rata-rata siklus I sebesar 57 dan pada siklus II meningkat menjadi 96, (2) Penggunaan model pembelajaran two stay two stray dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan nilai rata-rata siklus I sebesar 48 dan pada siklus II meningkat menjadi 90, dan (3) Penggunaan model pembelajaran two stay two stray dapat meningkatkan hasil belajar kognitif biologi dengan presentase ketuntasan pada siklus I sebesar 39,13 %, pada siklus II meningkat menjadi 95,56%. Kesimpulan dari hasil penelitian ini yaitu model pembelajaran two stay two stray dapat meningkatkan motivasi, aktivitas, dan hasil belajar kognitif biologi siswa kelas VIII.3 MTsN Gantarang Kindang. Kata Kunci: Motivasi, Aktivitas, danHasilBelajarKognitifBiologi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Biologi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 15 Mar 2018 07:16
Last Modified: 15 Mar 2018 07:16
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5708

Actions (login required)

View Item View Item