Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif tipe TAI yang Melibatkan Kecerdasan Majemuk dalam Pembelajaran Matematika pada Peserta Didik kelas VIII SMP Negeri Akreditasi A di Kota Makassar.

M.Nur, Faradillah Rachmadani (2017) Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif tipe TAI yang Melibatkan Kecerdasan Majemuk dalam Pembelajaran Matematika pada Peserta Didik kelas VIII SMP Negeri Akreditasi A di Kota Makassar. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
8. BAB I.docx

Download (43kB)
[img] Text
12. BAB V.docx

Download (18kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe TAI yang melibatkan kecerdasan majemuk dalam pembelajaran matematika peserta didik kelas VIII SMP negeri akreditasi A di Kota Makassar. Jenis Penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMPN akreditasi A di Kota Makassar dan sampel yakni kelas VIII.5 SMPN 1 Makassar dan kelas VIII.5 SMPN 24 Makassar. Kelas eksperimen yang dipilih menggunakan teknik double cluster random sampling. Data yang dikumpulkan terdiri dari data aktivitas peserta didik selama proses pembelajaran, data hasil belajar matematika peserta didik, dan data respons peserta didik terhadap pembelajaran. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar observasi aktivitas peserta didik, lembar tes hasil belajar untuk mengukur kemampuan kognitif, angket respons peserta didik dan angket kecerdasan majemuk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor keterlaksanaan pembelajaran pada kelas VIII.5 SMPN 1 Makassar adalah 3,53 (terlaksana dengan baik) dari 4,0 (skor ideal) dan rata-rata skor keterlaksanaan pembelajaran pada kelas VIII.5 SMPN 24 Makassar adalah 3,56 (terlaksana dengan baik) dari 4,0 (skor ideal). Skor rata-rata aktivitas peserta didik pada kelas VIII SMPN akreditasi A di kota Makassar adalah 3,5 (skor ideal = 4) berada pada kategori sangat aktif, Kategori respons peserta didik pada kelas VIII SMPN akreditasi A di Kota Makassar terhadap model pembelajaran kooperatif tipe TAI yang melibatkan kecerdasan majemuk adalah positif (3,60) dari skor ideal (4), Terjadi peningkatan hasil belajar matematika peserta didik pada kelas VIII SMPN akreditasi A di kota Makassar yaitu rata-rata posttest 82,18 (Std. Deviation = 6,25) dari skor ideal (100) lebih besar daripada pretest (8,76) (Std. Deviation = 4,33) dari skor ideal (100) dengan peningkatan nilai gain adalah 0,80 dari skor ideal (1) Sehingga dapat disimpulkan bahwa Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI yang melibatkan kecerdasan majemuk dalam pembelajaran matematika pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri akreditasi A di kota makassar adalah efektif Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif tipe TAI, Kecerdasan Majemuk

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 15 Mar 2018 07:08
Last Modified: 15 Mar 2018 07:08
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5705

Actions (login required)

View Item View Item