Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Kombinasi Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dan Tipe Think Pair Share (TPS) dalam Pembelajaran Matematika Kelas VIII pada SMP Negeri 3 Satap Tondong Tallasa

MARDIYAH, SITTI (2016) Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Kombinasi Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dan Tipe Think Pair Share (TPS) dalam Pembelajaran Matematika Kelas VIII pada SMP Negeri 3 Satap Tondong Tallasa. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
Bab I tesisku .docx

Download (37kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran kooperatif kombinasi tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dan Think Pair Share (TPS) dalam pembelajaran matematika di kelas VIII SMP Negeri 3 Satap Tondong Tallasa ditinjau dari aktivitas siswa, respons siswa, hasil belajar matematika dan keterampilan sosial. Jenis Penelitian yang digunakan adalah pre-experimental design dengan one group pretest-posttes design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Satap Tondong Tallasa yang terdiri atas 2 kelas sebanyak 40 orang. Karena anggota populasi relatif kecil maka teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Sampling Jenuh (sensus) yaitu semua anggota populasi digunakan sebagai sampel dalam penelitian ini. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi keterlaksaaan pembelajaraan, tes hasil belajar, lembar observasi aktivitas siswa, angket respons siswa dan angket keterampilan sosial .Data yang dikumpulkan terdiri dari data hasil belajar siswa, data aktivitas siswa dalam pembelajaran, dan data respons siswa terhadap pembelajaran, serta data keterampilan sosial siswa. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil analisis deskriptif menunjukan bahwa (1).Hasil belajar matematika siswa pada kelas eksperimen berada pada kategori sedang,(2) Tingkat ketuntasan secara klasikal pada post-test sebesar 85% dalam kategori tuntas,(3) Rata-rata gain ternormalisasi berada pada kategori sedang, (4) Aktivitas siswa dalam pembelajaran berada pada kategori aktif,(5) Respons siswa terhadap penerapan pembelajaran kooperatif kombinasi tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dan Think Pair Share (TPS) berada pada kategori positif dan (6) keterampilan sosial berada pada kategori baik. Hasil analisis inferensial menggunakan uji one sample t-test dengan bantuan SPSS 15 untuk menguji hipotesis menunjukkan bahwa data hasil belajar siswa pada post-test, gain ternormalisasi serta data respons dan keterampilan sosial siswa signifikan dengan nilai α = 0,05. Berdasarkan hasil analisis deskriptif dan inferensial dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif kombinasi tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dan Think Pair Share (TPS) efektif diterapkan pada materi kubus dan balok di kelas VIII SMP Negeri 3 Satap Tondong Tallasa Kabupaten Pangkep.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 14 Mar 2018 01:08
Last Modified: 14 Mar 2018 01:08
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5642

Actions (login required)

View Item View Item