Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw Terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA di SMP Negeri 4 Bantimurung Kabupaten Maros

Harding, Harding (2016) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw Terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA di SMP Negeri 4 Bantimurung Kabupaten Maros. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
11. BAB I.docx

Download (33kB)

Abstract

ABSTRAK Dalam proses pembelajaran, guru harus dapat melakukan pembelajaran inovatif yang menekankan pada keaktifan siswa. Salah satu model yang dapat diterapkan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa adalah dengan model pembelajaran kooperatif. Dalam penelitian ini, dipilih model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw yang dapat melatih siswa untuk memahami pelajaran secara mendalam melalui sistem kerja sama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh positif pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar dan minat belajar peserta didik pada SMP Negeri 4 Bantimurung pada mata pelajaran IPA. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh rombel kelas VIII semester genap di SMP Negeri 4 Bantimurung Kabupaten Maros tahun pelajaran 2015/ 2016 yang terdiri atas 9 rombel dengan jumlah keseluruhan 278 peserta didik, kemudian diadakan pengambilan sampel secara random sampling dan di dapatkan dua rombel dari sembilan rombel yang mempunyai karakteristik yang sama (bersifat homogen). Sedangkan untuk penentuan kelompok eksperimen dan kelompok pembanding dari dua kelas tadi dilakukan pula dengan cara random sehingga di dapatkan kelas VIII-A sebagai kelompok eksperimen dan VIII-B sebagai kelompok kontrol dengan jumlah masing-masing sebanyak 30 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar IPA peserta didik SMP Negeri 4 Bantimurung pada kelas yang menggunakan model pembelajaran tipe Jigsaw berada pada kriteria sangat tinggi dan tinggi (80,00% dan 20,00%) dengan nilai Mean 130.17, Lebih unggul dari kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional yang berada pada kriteria sangat tinggi, tinggi dan cukup (33%, 57 dan 10%) dengan nilai Mean 109,30. Hasil belajar IPA peserta didik SMP Negeri 4 Bantimurung pada kelas VIII yang menggunakan model pembelajaran tipe Jigsaw berada pada kriteria sangat baik dan baik (17,00% dan 83,00%) dengan nilai Mean 80,50 dan nilai rata-rata gain 0,59 yang berada pada kriteria sedang, lebih unggul dari kelas yang menggunakan model pembelajaran konvensional yang berada pada kriteria baik dan cukup (77,00% dan 23,00%) dengan nilai Mean 70.68 dan nilai rata-rata gain 0,39 yang berada pada kategori sedang. Penggunaan model pembelajaran tipe Jigsaw pada pembelajaran IPA meningkatkan minat belajar peserta didik SMP Negeri 4 Bantimurung dan berpengaruh secara positif dan signifikan. Penggunaan model pembelajaran tipe Jigsaw pada pembelajaran IPA berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan hasil belajar IPA peserta didik SMP Negeri 4 Bantimurung.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Biologi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 13 Mar 2018 08:17
Last Modified: 13 Mar 2018 08:17
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5638

Actions (login required)

View Item View Item