Pengaruh Pembelajaran Berbasis Lingkungan Alam Terhadap kemampuan Sains Anak di Taman Kanak - Kanak Islam Raudhatul Athfal Rantepao

JANNA.M., NUR (2013) Pengaruh Pembelajaran Berbasis Lingkungan Alam Terhadap kemampuan Sains Anak di Taman Kanak - Kanak Islam Raudhatul Athfal Rantepao. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL TESIS S2 UNM.docx

Download (44kB)

Abstract

ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah kemampuan sains masih dikategorikan sedang yang ditunjukkan anak kurang memahami konsep, rasa ingin tahunya kurang dan keinginan melakukan eksplorasi dan percobaan rendah oleh karena itu rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (i) bagaimana pembelajaran berbasis lingkungan alam di Taman Kanak-kanak Islam Raudhatul Athfal Rantepao (ii) bagaimana kemampuan sains anak di Taman Kanak-kanak Islam Raudhatul Athfal Rantepao (iii) apakah pembelajaran berbasis lingkungan alam dapat berpengaruh terhadap kemampuan sains anak di Taman Kanak-Kanak Islam Raudhatul Athfal Rantepao. Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan pembelajaran berbasis lingkungan alam di Taman Kanak-Kanak Islam Raudhatul Athfal Rantepao (2) mendeskripsikan kemampuan sains anak sebelum dan setelah pembelajaran berbasis lingkungan alam (3) apakah pembelajaran berbasis lingkungan alam dapat meningkatkan kemampuan sains anak di Taman Kanak-kanak Islam Raudhatul Athfal Rantepao. Jenis penelitian ini adalah pre eksperimen, dengan desain penelitian pre-test dan post-test one group design. Teknik pengumpulan datanya dilakukan melalui test. Subjek penelitiannya terdiri dari 21 orang anak Taman Kanak_kanak Islam Raudhatul Athfal Rantepao dari populasi sebayak 76 anak. Data Analisis dengan analisis deskriptif dan analisis inferensial Wilcoxon test dengan bantuan SPSS 16.0 Hasil menunjukkan bahwa (1) pembelajaran berbasis lingkungan alam dilaksanakan dengan langkah-langkah sebagai berikut: menyiapkan bahan/alat, pelaksanaan pembelajaran dengan prosedur kegiatan awal, inti dan penutup (2) kemampuan sains anak sebelum diberi perlakuan cenderung berada pada kategori sedang, tetapi setelah diberi perlakuan terjadi peningkatan dimana kemampuan sains anak cenderung berada pada kategori tinggi (3) analisa Inferensial menunjukkan adanya perbedaan hasil kemampuan sains sebelum dan setelah diberi perlakuan pembelajaran berbasis lingkungan alam dimana hasil kemampuan sains setelah diberi perlakuan lebih besar dari pada sebelum diberi perlakuan. Dengan demikian disimpulkan bahwa ada pengaruh pembelajaran berbasis lingkungan alam terhadap kemampuan sains anak di Taman Kanak-Kanak Islam Raudhatul Athfal Rantepao.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 12 Mar 2018 05:49
Last Modified: 12 Mar 2018 05:49
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5583

Actions (login required)

View Item View Item