Studi Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar Geografi pada Materi Atmosfer Peserta Didik Kelas X di SMA Negeri 3 Takalar

MUSRIANI, MUSRIANI (2015) Studi Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar Geografi pada Materi Atmosfer Peserta Didik Kelas X di SMA Negeri 3 Takalar. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
BAB I.docx

Download (23kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis : (1) Perbedaan antara hasil belajar yang menggunakan pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar dengan pembelajaran lansung, (2) Pengaruh pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar Geografi, (3) Efektifitas dengan menggunakan pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar atau dengan pembelajaran lansung. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 3 Takalar, dari populasi tersebut terdapat 69 siswa sebagai sampel, 36 siswa kelas X IPS 1 sebagai kelompok eksperimen dengan menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar dan 33 siswa kelas X IPS 3 sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran lansung. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik pengambilan sampel acak (random sampling). Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan analisis inferensial uji Non parametrik Mann-Whitney. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa (1) hasil belajar yang menggunakan pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar memperoleh hasil belajar yang lebih baik berada pada kategori tinggi dengan rerata 80 dan standar deviasi 10,14 dari skor ideal dibanding dengan hasil belajar dengan menggunakan pembelajaran lansung berada pada kategori sedang dengan nilai rerata 69.39 dengan standar deviasi 12.23 dari skor ideal 100, (2) Ada pengaruh pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar Geografi. Hasil belajar dalam pembelajaran pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar dapat ditingkatkan apabila guru dapat memilih dan menerapkan media yang tepat sebagai sarana penyampaian materi pembelajaran yang diberikan (3) Pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar pada pembelajaran Geografi pada pokok bahasan Atmosfir lebih efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa dibandingkan dengan menggunakan pembelajaran lansung.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > PENDIDIKAN GEOGRAFI (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 12 Mar 2018 05:38
Last Modified: 12 Mar 2018 05:38
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5582

Actions (login required)

View Item View Item