Penerapan Metode Kuis untuk Meningkatkan Hasil Belajar Apresiasi Seni Musik Nusantara Siswa Kelas VIIIA SMP Negeri 2 Sinjai Timur

Rusmi, Rusmi (2015) Penerapan Metode Kuis untuk Meningkatkan Hasil Belajar Apresiasi Seni Musik Nusantara Siswa Kelas VIIIA SMP Negeri 2 Sinjai Timur. Diploma thesis, Fak. SENI DAN DESAIN.

[img] Text
RUSMI SKRIPSI.docx

Download (659kB)

Abstract

ABSTRAK Latarbelakang penelitian ini adalah hasil belajar, semangat antusias dan keaktifan siswa kelas VIIIA SMP Negeri 2 Sinjai Timur pada materi ajar apresiasi musik Nusantara cenderung rendah. Rumusan masalah dalam penelitian ini ada 2: (1) Bagaimana bentuk penerapan metode kuis dalam materi ajar apresiasi seni musik Nusantara pada siswa kelas VIIIA SMP Negeri 2 Sinjai Timur? Dan (2) Bagaimana hasil penerapan metode kuis terhadap peningkatan hasil belajar apresiasi seni musik Nusantara pada siswa kelas VIIIA SMP Negeri 2 Sinjai Timur? Berdasarkan kedua rumusan masalah tersebut, maka tujuan penelitian terdiri atas dua, yakni; (1) Mengetahui bentuk penerapan metode kuis dalam materi ajar apresiasi seni musik Nusantara pada siswa kelas VIIIA SMP Negeri 2 Sinjai Timur. Dan (2) Mengetahui hasil penerapan metode kuis terhadap peningkatan hasil belajar apresiasi seni musik Nusantara pada siswa kelas VIIIA SMP Negeri 2 Sinjai Timur. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) atau PTK. Penelitian ini diadakan di kelas VIIIA SMP Negari 2 Sinjai Timur, dengan waktu penelitian tanggal 5 Maret – 19 Maret 2015. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian, antara lain; (1) Bentuk penerapan metode kuis, yakni guru merancang materi dan topik pembelajaran, menjelaskan skenario pembelajaran, membagi kelompok, mempresentasikan materi, menjalankan kuis dan menilai, melakukan evaluasi, dan terakhir memberi penghargaan dan motivasi. (2) Hasil penerapan metode kuis pada siklus I, yakni jumlah siswa yang tuntas sebanyak 20 orang dan tidak tuntas 5 orang. Presentase ketuntasan belajar sebesar 80%. Hasil penerapan metode kuis pada siklus II, yakni seluruh siswa sebanyak 25 orang tuntas dalam pembelajaran dengan nilai yang memuaskan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan sendratasik
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 08 Mar 2018 07:45
Last Modified: 08 Mar 2018 07:45
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5549

Actions (login required)

View Item View Item