St.Asma Azis. 2014. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X1 MAN Dampang Kabupaten Bantaeng.” (dibimbing oleh H.Muris dan Sudarto).

St., Asma Azis. (2014) St.Asma Azis. 2014. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X1 MAN Dampang Kabupaten Bantaeng.” (dibimbing oleh H.Muris dan Sudarto). Diploma thesis, universitas negeri makassar.

[img] Text
St.Asma Azis. 2014.docx

Download (16kB)

Abstract

ABSTRAK St.Asma Azis. 2014. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X1 MAN Dampang Kabupaten Bantaeng.” (dibimbing oleh H.Muris dan Sudarto). Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan prototipe perangkat pembelajaran fisika yang bercirikan pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi alat-alat optik yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini digolongkan sebagai penelitian pengembangan. Model pengembangan perangkat yang digunakan mengacu pada model 4-D yang terdiri dari tahapan pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Proses pengembangan pada dua fase pertama menghasilkan perangkat pembelajaran (Buku Peserta Didik, Lembar Kegiatan Peserta Didik, dan rencana pelaksanaan pembelajaran), pengembangan pada fase ketiga melakukan proses validasi dan uji coba perangkat. Untuk keperluan uji coba perangkat dilakukan pembelajaran dengan mengikuti sintaks model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Subjek penelitian adalah Peserta Didik Kelas X1 MAN Dampang Kabupaten Bantaeng. sebanyak 25 orang. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi lembar validasi perangkat, instrumen lembar observasi (kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, keterlaksanaan perangkat pembelajaran, aktivitas Peserta Didik), angket respons Peserta Didik terhadap pembelajaran, angket motivasi belajar dan tes hasil belajar. Proses pengembangan perangkat dalam penelitian ini menghasilkan prototipe perangkat pembelajaran fisika meliputi Buku Peserta Didik (BS), Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD), pada materi alat-alat optik yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif yaitu; (1) valid berdasarkan penilaian ahli dan praktisi dengan sedikit revisi, (2) praktis, karena semua aspek yang diamati berada dalam kategori terlaksana seluruhnya, dan (3) efektif karena ketuntasan klasikal telah tercapai, aktivitas Peserta Didik sudah sesuai yang diharapkan, kemampuan guru mengelola pembelajaran dalam kategori tinggi, dan respon Peserta Didik terhadap pembelajaran dalam kategori positif. Pencapaian hasil belajar Peserta Didik dengan menggunakan perangkat yang telah dikembangkan mengalami peningkatan dibanding dengan sebelum menggunakan perangkat, demikian juga motivasi belajar Peserta Didik mengalami peningkatan kategori tinggi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 28 Apr 2016 07:08
Last Modified: 02 Nov 2016 10:11
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/541

Actions (login required)

View Item View Item