Pengaruh Hambatan Belajar dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa SMP Negeri 18 Makassar

Basri, Rahmi Marwani (2013) Pengaruh Hambatan Belajar dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa SMP Negeri 18 Makassar. Diploma thesis, FMIPA.

[img] Text
SKRIPSI.docx

Download (320kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hambatan belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar siswa SMP Negeri 18 Makassar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 18 Makassar yang berjumlah 195 orang. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner hambatan belajar dan minat belajar juga hasil belajar siswa SMP Negeri 18 Makassar yang diperoleh dari guru mata pelajaran Matematika. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Double Stratified Cluster –random sampling. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis jalur dan regresi ganda. Hasil analisis jalur menunjukkan nilai koefisien regresi hambatan belajar terhadap hasil belajar adalah sebesar 1,161 dengan nilai p < 0,001 < 0,05 dan C.R (4,641 > 1,96), dengan kata lain hambatan belajar berpengaruh secara langsung dan positif terhadap hasil belajar. Nilai koefisien regresi minat belajar terhadap hasil belajar adalah sebesar 2,065 dengan nilai p < 0,001 < 0,05 dan C.R (8,253 > 1,96) atau dengan kata lain minat belajar berpengaruh secara langsung dan positif terhadap hasil belajar. Hasil analisis menunjukkan nilai estimate korelasi antara hambatan belajar dan minat belajar sebesar -0,994. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan negative dan signifikan antara hambatan belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > Matematika
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 05 Mar 2018 07:17
Last Modified: 05 Mar 2018 07:17
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5319

Actions (login required)

View Item View Item