Komparasi pemahaman konsep dan pemecahan masalah trigonometri dalam pengajaran langsung dengan pemberian tugas berdasarkan taksonomi SOLO dan taksonomi Bloom. Skripsi. Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

Umar, Lely Indra Suryani (2013) Komparasi pemahaman konsep dan pemecahan masalah trigonometri dalam pengajaran langsung dengan pemberian tugas berdasarkan taksonomi SOLO dan taksonomi Bloom. Skripsi. Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Diploma thesis, FMIPA.

[img] Text
CHAPTER I.docx

Download (27kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini adalah Penelitian Eksperimen yang bertujuan untuk membandingkan peningkatan kemampuan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah trigonometri siswa melalui pembelajaran langsung dengan metode pemberian tugas berdasarkan Taksonomi SOLO dan Taksonomi Bloom pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Bulukumba, semester II tahun pelajaran 2012/2013 Kabupaten Bulukumba. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X.2 sebagai kelompok eksperimen 1 dan kelas X.4 sebagai kelompok eksperimen 2 dengan jumlah siswa masing-masing 33 dan 32 orang. Untuk mengetahui adanya perbedaan kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah trigonometri dapat dilihat dari peningkatan/gain dari hasil pre-test dan postest. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini berupa Pre-test dan Postest untuk melihat adanya peningkatan. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Skor rata-rata peningkatan gain skor kemampuan pemahaman konsep trigonometri masing-masing kelompok eksperimen yaitu 0,712 dan 0,650 sedangkan untuk kemampuan pemecahan masalah masing-masing kelompok eksperimen yaitu 0,675 dan 0,734. Hasil analisis statistik inferensial yang diperoleh menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa yang diajar dengan dengan metode pemberian tugas berdasarkan taksonomi SOLO dan taksonomi Bloom. Secara deskriptif, gain normalisasi untuk kelompok eksperimen 1 berada pada kategori tinggi dan kelompok eksperimen 2 berada pada kategori sedang. Untuk peningkatan kemampuan pemecahan masalah tidak terdapat perbedaan antara kedua kelompok eksperimen tersebut. Namun, secara deskriptif peningkatan kemampuan pemecahan masalah kelompok eksperimen 2 berada pada kategori tinggi sedangkan kelompok eksperimen 1 berada pada kategori sedang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > Matematika
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 05 Mar 2018 07:06
Last Modified: 05 Mar 2018 07:06
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5314

Actions (login required)

View Item View Item