Peranan Kompetensi Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sosiologi SMA Negeri di Kabupaten Wajo.

Mulianti, Mulianti (2014) Peranan Kompetensi Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sosiologi SMA Negeri di Kabupaten Wajo. Diploma thesis, FIS.

[img] Text
9 BAB I-V ISI SKRIPSI.docx

Download (117kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi pedagogik guru sosiologi SMA Negeri dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dan kompetensi profesional guru sosiologi SMA Negeri dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di Kabupaten Wajo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pemilihan informan dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria-kriteria tertentu yaitu: guru yang mengajar sosiologi 3 tahun ke atas, guru sosiologi dari alumni sosiologi murni, namun mengambil Akta IV, dan guru sosiologi yang bukan dari alumni sosiologi namun alumni LPTK, serta siswa yang mengikuti proses belajar mengajar. Informan dalam penelitian ini sebanyak 17 guru dan 80 siswa. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi dan wawancara. Data yang diperoleh, dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif melalui tiga tahap yaitu : reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Selanjutnya, teknik keabsahan data dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dilihat dari kompetensi pedagogik Guru-guru sosiologi SMA Negeri di Kabupaten Wajo telah mampu melaksanakan komponen kompetensi pedagogik dan menerapkan bentuk-bentuk motivasi dalam proses belajar mengajar. Guru yang berlatarbelakang pendidikan lebih bagus cara mengajarnya dibanding guru yang berlatarbelakang non-pendidikan. Sedangkan pada penerapan kompetensi profesional, guru yang berlatarbelakang non-pendidikan lebih menguasai materi sosiologi daripada guru yang berlatarbelakang pendidikan. Sebagian dari jumlah guru sosiologi belum memenuhi persyaratan sebagai guru yang professional antara lain: belum menguasai subtansi materi/bahan ajar bidang studi, belum menguasai materi/bahan pendalaman/aplikasi bidang studi, dan kurang mampu dalam merancang dan memanfaatkan berbagai media dan sumber belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > Pendidikan Sosiologi
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 05 Mar 2018 06:56
Last Modified: 05 Mar 2018 06:56
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5309

Actions (login required)

View Item View Item