Penanaman Nilai Pendidikan Budi Pekerti Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Pada SD Inpres 12/79 Ulubalang Kec. Salomekko Kab. Bone

NURHAERIA, ANDI (2015) Penanaman Nilai Pendidikan Budi Pekerti Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Pada SD Inpres 12/79 Ulubalang Kec. Salomekko Kab. Bone. Diploma thesis, FIS.

[img] Text
BAB I.docx

Download (135kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mengetahui pola penanaman nilai pendidikan budi pekerti dalam meningkatkan kedisiplinan siswa pada SD Inpres 12/79 Ulubalang; (2) Untuk mengetahui dampak yang muncul setelah penanaman nilai pendidikan budi pekerti diberikan. Penelitian ini adalah penelitian Survey. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas IV, V, VI berjumlah 58 orang dan guru kelas IV, V, dan VI yang sekaligus guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, PKn, Bahasa Indonesia, Matematika berjumlah 4 orang. Sampel yang digunakan sebanyak 45 orang siswa dan sebanyak 4 orang guru. Sedangkan teknik penarikan sampel untuk siswa adalah teknik sampling bertingkat (Staratified Random Sampling) khususnya Proportional Stratified Random Sampling, untuk guru adalah teknik Purposive Sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis Statistik Deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Pola penanaman nilai pendidikan budi pekerti yang lakukan oleh guru pada SD Inpres 12/97 Ulubalang yaitu melalui pola keteladanan atau pencontohan, pemberiaan sanksi dan teguran, pembiasaan, memberitahukan cara berpakaian yang rapi, menuntun siswa untuk memiliki rasa ingin tahu, berpikir secara logis, kreatif, mandiri dan kritis. (2) Dampak dari penanaman nilai pendidikan budi pekerti yang diberikan pada siswa di SD Inpres 12/79 Ulubalang sangat positif, yaitu : siswa menjadi disiplin terhadap peraturan dan tata tertib sekolah, seperti datang lebih awal di sekolah, mengikuti upacara dengan tertib, saling menghormati dan menghargai terhadap sesama teman dan guru, tidak meninggalkan kelas pada saat pembelajaran, bertanggung jawab terhadap tugasnya, jujur, bekerjasama dengan temannya, menjaga kebersihan, taat melakukan ibadah, berpakaian rapi, mengasihi temannya yang mengalami bencana, tidak meninggalkan pekarangan sekolah sebelum jam sekolah selesai, patuh terhadap perintah guru, memperhatikan saat guru menjelaskan, serta siswa menjadi aktif dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL
FAKULTAS ILMU SOSIAL > Pendidikan Kewarganegaraan PPKn
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 02 Mar 2018 07:03
Last Modified: 02 Mar 2018 07:03
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5228

Actions (login required)

View Item View Item