Implementasi Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbasis Penilaian Portofolio Dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa Kelas VIII3 MTsN Model Makassar

Rahman, Mujahid Zulfadli Aulia (2013) Implementasi Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbasis Penilaian Portofolio Dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa Kelas VIII3 MTsN Model Makassar. Diploma thesis, FMIPA.

[img] Text
BAB I (1-7).docx

Download (32kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif eksploratif. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak lima kali pertemuan menggunakan model Pembelajaran Koperatif Tipe STAD (Students Teams Achievement Divisions) berbasis penilaian portofolio dengan subjek penelitian sebanyak 40 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan subjek siswa kelas VIII3 MTsN Model Makassar pada semester genap tahun ajaran 2012/2013 yang bertujuan (1) untuk mengetahui mengetahui dan menjelaskan hasil belajar siswa, (2) untuk mengetahui keterlibatan (aktivitas siswa), (3) mengetahui keterlaksanaan (aktivitas guru), dan (4) untuk mengetahui respons siswa terhadap kegiatan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD berbasis Penilaian Portofolio. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi aktivitas guru dan siswa, tes hasil belajar, serta angket respon siswa. Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil observasi aktivitas (keterlibatan) siswa menunjukkan dua kecenderungan yakni aktivitas yang paling sering dilakukan oleh siswa dengan rata-rata 4,3 atau 80% dari jumlah siswa dalam kelompok melalui aktivitas terlibat secara aktif dalam pengerjaan tugas kelompok. Aktivitas yang hampir tidak pernah dilakukan oleh siswa dengan rata-rata sebesar 0,3 atau 6,7% dari jumlah siswa kelompok saja yang mengerjakannya. Hasil observasi aktivitas guru dalam kemampuan pengelolaan pembelajaran secara umum memeroleh nilai 1,91 yang berarti CT (cukup tinggi) atau memiliki kategori sedang. Selanjutnya, hasil belajar siswa dalam hal ini adalah nilai portofolio siswa menunjukkan nilai rata-rata yang diperoleh 61,59 dengan simpangan baku (standar deviasi) sebesar 23,77. Hal ini menunjukkan bahwa siswa memperoleh pemahaman yang baik terhadap materi yang disajikan. Adapun hasil respon siswa terhadap pembelajaran memerlihatkan jumlah respons 29 melalui persentase 83% dari jumlah keseluruhan siswa. Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa respons siswa sangat baik selama periode pembelajaran koperatif Tipe STAD berbasis penilaian portofolio di kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 02 Mar 2018 06:04
Last Modified: 02 Mar 2018 06:04
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5209

Actions (login required)

View Item View Item