“Penerapan Metode Student Facilitator and Explaining untuk Meningkatkan Kemampuan Mengidentifikasi Unsur Intrinsik Puisi pada Siswa Kelas X SMA Negeri 15 Makassar ”

RAMLI, MUHAMMAD (2013) “Penerapan Metode Student Facilitator and Explaining untuk Meningkatkan Kemampuan Mengidentifikasi Unsur Intrinsik Puisi pada Siswa Kelas X SMA Negeri 15 Makassar ”. Diploma thesis, FBS.

[img] Text
BAB I.docx

Download (25kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengidentifikasi unsur intrinsik puisi melalui Penerapan Metode Student Facilitator and Explaining pada siswa kelas X SMA Negeri 15 Makassar. Penelitian ini digolongkan dalam penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan pemaparan data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, studi dokumentasi, dan tes hasil belajar. Dalam perencanaan pembelajaran, peneliti dan guru merancang sistem pembelajaran. Peneliti dan guru mengkoordinasikan rencana pembelajaran. Guru memberi gagasan mengenai hal-hal yang dianggap perlu dalam kegiatan pembelajaran nanti. Agar tujuan pembelajaran dapat tercapai secara maksimal, peneliti dan guru berkolaborasi untuk menentukan bahan yang diajarkan, waktu, sumber belajar, media pembelajaran, dan penilaian akhir hasil belajar siswa. Pada tahap pelaksanaan, proses pembelajaran diterapkan oleh guru dan peneliti, disamping itu peneliti juga sebagai pengamat sistem pembelajaran yang berlangsung. Peneliti kemudian mengamati proses pembelajaran oleh guru, meliputi bagaimana guru menerapkan metode SFAE sesuai dengan RPP yang telah disusun. Kemudian pada tahap pengamatan peneliti dan guru mengadakan diskusi terhadap tindakan yang baru saja dilaksanakan. Hal tersebut berkenaan dengan (1) analisis tindakan yang dilakukan, (2) analisis kegiatan siswa dalam pembelajaran (3) membahas tindakan selanjutnya berupa perbaikan kekurangan dari pelaksanaan tindakan yang dilakukan, (4) membuat kesimpulan dari data yang diperoleh. Hasilnya, dijadikan sebagai masukan pada tindakan selanjutnya (siklus II). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus I hasil belajar puisi siswa kelas X SMA Negeri 15 Makassar berdasarkan interval nilai yang ditetapkan (75 ke atas), yakni 19 siswa mendapatkan nilai di bawah 75 dan 11 siswa mendapatkan nilai di atas 75. Ini berarti penerapan metode SFAE pada siklus I belum berhasil. Pada siklus II guru lebih intensif memberi bimbingan pada siswa yang mengalami kesulitan dalam proses pembelajaran, kembali memotivasi siswa dan memberi contoh analisis puisi yang benar sehingga 30 siswa mendapatkan nilai 75 ke atas dan hanya 1 siswa yang mendapatkan nilai di bawah 75 dari 31 siswa yang hadir. Disimpulkan bahwa metode SFAE dapat meningkatkan kemampuan mengidentifikasi unsur intrinsik pada siswa kelas X SMA Negeri 15 Makassar. Saran peneliti bagi para guru sekolah menengah atas kiranya menjadikan metode SFAE sebagai alternatif dalam pembelajaran mengidentifikasi unsur intrinsik puisi. Dan para peneliti selanjutnya kiranya dapat mengembangkan metode SFAE secara lebih luas lagi dalam sistem pembelajaran pada penelitian lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 02 Mar 2018 02:16
Last Modified: 02 Mar 2018 02:16
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5188

Actions (login required)

View Item View Item