Hubungan antara Spiritualitas dengan Penerimaan Orang Tua pada Orang Tua yang Memiliki Anak Autis

Fath, Nur Maulany Din El (2015) Hubungan antara Spiritualitas dengan Penerimaan Orang Tua pada Orang Tua yang Memiliki Anak Autis. Diploma thesis, PSIKOLOGI.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI NMDEF.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK . Orang tua yang memiliki anak autis akan melalui fase depresif yang dapat berujung pada penolakan orang tua jika tidak ditanggulangi, disatu sisi orang tua meyakini kehadiran Tuhan (spiritualitas) sebagai penolong untuk melalui masamasa sulit dalam mengasuh anak yang didiagnosa autisme. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana hubungan yang ditimbulkan antara spiritualitas dengan penerimaan orang tua pada orang tua yang memiliki anak autis. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah accidental sampling (N=43). Spiritualitas diukur dengan Daily Spiritual Experience Scale (DSES) versi Indonesia oleh Lynn Underwood. Penerimaan orang tua diukur dengan Parent version Parent Acceptance-Rejection Questionairre (Parent PARQ) short version oleh Rohner dan Cournoyer yang diadaptasi oleh Irwanto. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan korelasi tata jenjang Spearman dengan bantuan SPSS 16.0 for Windows. Hasil analisis data menunjukkan besarnya kekuatan hubungan antar variabel adalah ρxy = 0,033 dengan nilai signifikansi p = 0,029 < 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara spiritualitas dan penerimaan orang tua, yang bermakna semakin tinggi spiritualitas maka semakin tinggi penerimaan orang tua pada orang tua yang memiliki anak autis. Hasil penelitian dapat menjadi dasar untuk pengembangan intervensi psikologis, terkhusus pada aspek spiritualitas kepada orang tua yang memiliki level parental rejection yang tinggi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: PSIKOLOGI
Divisions: FAKULTAS PSIKOLOGI
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 01 Mar 2018 05:40
Last Modified: 01 Mar 2018 05:40
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5117

Actions (login required)

View Item View Item