Komparasi Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match dan Pengajaran Langsung Dengan Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Matematika Materi Lingkaran Pada Siswa Kelas VIII SMP Ummul Mukminin Makassar (dibimbing oleh Hamzah Upu dan Muhammad Darwis M)

Eka, Fitriana Hs (2014) Komparasi Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match dan Pengajaran Langsung Dengan Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Matematika Materi Lingkaran Pada Siswa Kelas VIII SMP Ummul Mukminin Makassar (dibimbing oleh Hamzah Upu dan Muhammad Darwis M). Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
EKA FITRIANA HS. 2014..docx

Download (15kB)

Abstract

ABSTRAK EKA FITRIANA HS. Komparasi Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match dan Pengajaran Langsung Dengan Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Matematika Materi Lingkaran Pada Siswa Kelas VIII SMP Ummul Mukminin Makassar (dibimbing oleh Hamzah Upu dan Muhammad Darwis M) Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk:(1) mendeskripsikan keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dalam pembelajaran matematika materi lingkaran pada kelas VIII SMP Ummul Mukminin Makassar (2) mendeskripsikan keefektifan pengajaran langsung dengan pendekatan saintifik dalam pembelajaran matematika materi lingkaran pada kelas VIII SMP Ummul Mukminin Makassar (3) mengetahui model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match lebih efektif daripada pengajaran langsung dengan pendekatan saintifik dalam pembelajaran matematika materi lingkaran pada siswa kelas VIII SMP Ummul Mukminin Makassar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Ummul Mukminin Makassar dan sampel terdiri dari dua kelas yakni kelas eksperimen I diajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dengan pendekatan saintifik dan kelas eksperimen II diajarkan menggunakan pengajaran langsung dengan pendekatan saintifik yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling dengan pertimbangan bahwa kemampuan siswa diasumsikan homogen. Data yang dikumpulkan terdiri data atas prestasi belajar siswa, data aktivitas siswa dalam pembelajaran, dan data respons siswa terhadap perangkat dan pembelajaran. Data aktivitas siswa dan respons siswa dianalisis menggunakan analisis deskriptif sedangkan data prestasi belajar siswa dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dengan pendekatan saintifik dalam materi lingkaran terlaksana dengan baik. (2) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dengan pendekatan saintifik dalam materi lingkaran pada siswa kelas VIII SMP Ummul Mukminin Makassar efektif ditinjau dari aspek: (a) prestasi belajar siswa dengan rata-rata skor posttes lebih besar dari rata-rata skor pretes, rata-rata skor posttes adalah 84,08≥KKM, rata-rata gain adalah 0,8, dan siswa yang tuntas sebanyak 94,44% ≥ 85%; (b) aktivitas belajar siswa dengan rata-rata keterlaksanaan aktivitas 3,4; dan (c) respons siswa dengan rata-rata 3,6 (kategori positif). (3) keterlaksanaan pengajaran langsung dengan pendekatan saintifik dalam materi lingkaran pada siswa kelas VIII SMP Ummul Mukminin Makassar terlaksana dengan baik. (4) penerapan pengajaran langsung dengan pendekatan saintifik dalam materi lingkaran pada siswa kelas VIII SMP Ummul Mukminin Makassar efektif ditinjau dari aspek: (a) prestasi belajar siswa dengan rata-rata skor post-tes lebih besar dari rata-rata skor pretes, rata-rata skor postes adalah 79,00 ≥ KKM, rata-rata gain adalah 0,7, dan siswa yang tuntas sebanyak 91,89% ≥ 85%; (b) aktivitas belajar siswa dengan rata-rata keterlaksanaan aktivitas 3,3; dan (c) respons siswa dengan rata-rata 3,5.Hasil uji hipotesis pada taraf siginifikan α=0,05 dengan uji-t menunjukan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe make a Match dengan pendekatan saintifik lebih efektif daripada pengajaran langsung dengan pendekatan saintifik dalam pembelajaran matematika materi lingkaran pada siswa kelas VIII SMP Ummul Mukminin Makassar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > Matematika
Divisions: ?? sch_mat ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 28 Apr 2016 03:35
Last Modified: 28 Apr 2016 03:35
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/509

Actions (login required)

View Item View Item