“Peningkatan Pembelajaran Keterampilan Menyimak Dialog dengan Media Film Animasi Bertema Pendidikan pada Siswa Kelas V SD Negeri 1-2 Pangkajene Kabupaten Pangkep”

Rahmi, Rahmi (2013) “Peningkatan Pembelajaran Keterampilan Menyimak Dialog dengan Media Film Animasi Bertema Pendidikan pada Siswa Kelas V SD Negeri 1-2 Pangkajene Kabupaten Pangkep”. Diploma thesis, FBS.

[img] Text
Isi Skripsi Rahmi Samad.docx

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang bertujuan untuk mendeskripsikan Peningkatan Pembelajaran Keterampilan Menyimak Dialog dengan Media Film Animasi Bertema Pendidikan pada Siswa Kelas V SD Negeri 1-2 Pangkajene Kabupaten Pangkep. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis dengan pemaparan data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari lembar observasi, wawancara, dan dokumentasi foto dan data kuantitatif diperoleh dari hasil tes siswa diakhir siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD dengan jumlah siswa 32 orang pada tahun ajaran 2012-2013. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yaitu, siklus I dan siklus II. Setiap siklus berlangsung 3 kali pertemuan dan setiap siklus terdiri atas 3 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Hasil analisis data yang dilakukan terhadap hasil penelitian disimpulkan bahwa penggunaan media film animasi bertema pendidikan dalam pembelajaran menyimak dialog dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas V SD Negeri 1-2 Pangkajene Kabupaten Pangkep pada tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Tahap perencanaan ditemukan adanya peningkatan kemampuan guru bidang studi dalam merencanakan pembelajaran yang lebih baik. Tahap pelaksanaan ditemukan peningkatan kualitas yaitu mampu menentukan tema, menentukan tokoh dan karakter tokoh, menguraikan latar, menjelaskan amanat yang terkandung dalam cerita film, dan menceritakan kembali isi film dalam bahasa mereka masing-masing. Selain itu, terjadi peningkatan terhadap aktivitas positif siswa selama proses pembelajaran. Tahap evaluasi disimpulkan bahwa pada siklus I, siswa yang memperoleh nilai 75 ke atas sebanyak 16 siswa atau 50% dengan nilai rata-rata sebesar 71,64. Pada siklus II, siswa yang memperoleh nilai 75 ke atas sebanyak 32 siswa atau 100% dengan nilai rata-rata sebesar 86,88, dengan persentase peningkatan 15,24. Dengan demikian nilai pada siklus II telah mencapai nilai target yang ditentukan sehingga tidak perlu dilanjutkan ke siklus III. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan pada guru senantiasa menggunakan media dalam pembelajaran menyimak dialog dengan media film animasi bertema pendidikan untuk menambah minat siswa dalam mengikuti pembelajaran. Bagi peneliti lain diharapkan melakukan penelitian di bidang sastra khususnya menyimak dialog film dengan menggunakan media pembelajaran yang menarik dan kreatif. Dan bagi praktisi di bidang pendidikan dan bahasa dapat menggunakan penelitian ini sebagai bahan rujukan untuk melakukan penelitian yang lain dengan media pembelajaran yang berbeda sehingga didapatkan berbagai alternatif media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 28 Feb 2018 00:58
Last Modified: 28 Feb 2018 00:58
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5067

Actions (login required)

View Item View Item