”Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf Persuasif melalui Media Iklan Siswa Kelas X-3 SMA Negeri 1 Majauleng Kabupaten Wajo”

Nurfadillah, Nurfadillah (2013) ”Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf Persuasif melalui Media Iklan Siswa Kelas X-3 SMA Negeri 1 Majauleng Kabupaten Wajo”. Diploma thesis, FBS.

[img] Text
SKRIPSI bab I,II,III,IV,V.docx

Download (218kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan proses pembelajaran menulis paragraf persuasif melalui media iklan dan peningkatan hasil pembelajaran menulis paragraf persuasif melalui media iklan siswa kelas X-3 SMA Negeri 1 Majauleng Kabupaten Wajo. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Sumber data penelitian ini adalah seorang guru bahasa Indonesia dan siswa Kelas X-3 SMA Negeri 1 Majauleng Kabupaten Wajo sebanyak 30 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik nontes berupa observasi, dan teknik penugasan. Data penelitian berupa data proses pembelajaran dan data hasil pembelajaran menulis paragraf persuasif melalui media iklan. Data proses pembelajaran dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif, sedangkan data hasil pembelajaran dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pada proses pembelajaran menulis paragraf persuasif melalui media iklan dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan. Proses pembelajaran pada siklus II meningkat dengan cara guru menyampaikan materi pembelajaran melalui media iklan yang menimbulkan keceriaan dan antusiasme siswa serta cara guru dalam menyampaikan materi pembelajaran yang semakin baik. Selain itu, guru selalu memberikan motivasi bagi siswa yang tidak memiliki kepercayaan diri dalam menyampaikan pendapatnya, bersikap tegas kepada siswa yang tidak aktif, memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya, dan memberikan apresiasi bagi siswa yang mampu mengungkapkan idenya. (2) Pada tahap hasil pembelajaran menulis paragraf persuasif melalui media iklan meningkat. Hasil analisis berpatokan pada tiga aspek yaitu kognitif, psikomotorik, dan afektif. Peningkatan ditandai dengan >70% siswa mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) 75 dari kondisi pada siklus I (36,67%) ke kondisi setelah siklus II diputuskan berakhir (76,67%). Pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh siswa sebesar 66,02, sedangkan pada siklus II nilai rata-rata yang diperoleh siswa sebesar 79,15. Selisih nilai rata-rata siswa sebesar 13,13. Hal ini menunjukkan bahwa hasil pembelajaran menulis paragraf persuasif siswa setelah pembelajaran mengalami peningkatan dan dinyatakan berhasil. Saran yang dapat disampaikan penulis adalah: (1) pada tahap proses pembelajaran, guru dapat memaksimalkan pemberian materi pembelajaran yang menerapkan media iklan dengan menimbulkan keceriaan dan antusiasme, memberikan motivasi kepada siswa agar semua siswa aktif dalam pembelajaran, serta mengarahkan siswa selama proses pembelajaran berlangsung agar proses belajar mengajar dapat berjalan lancar dan teroptimalkan; (2) pada tahap hasil, siswa diharapkan agar keterampilan menulis siswa khususnya menulis paragraf persuasif melalui media iklan lebih ditingkatkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 28 Feb 2018 00:26
Last Modified: 28 Feb 2018 00:26
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5065

Actions (login required)

View Item View Item