“Peningkatan Kemampuan Memahami Unsur-unsur Drama Melalui Metode Snowball Throwing Siswa Kelas VIII MTs Guppi Kalimbua Kabupaten Enrekang”

Fitrayana, Fitrayana (2013) “Peningkatan Kemampuan Memahami Unsur-unsur Drama Melalui Metode Snowball Throwing Siswa Kelas VIII MTs Guppi Kalimbua Kabupaten Enrekang”. Diploma thesis, FBS.

[img] Text
BAB I.docx

Download (24kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) proses pembelajaran memahami unsur-unsur drama melalui metode snowball throwing siswa kelas VIII MTs Guppi Kalimbua Kabupaten Enrekang; (2) peningkatan hasil pembelajaran memahami unsur-unsur drama melalui metode snowball throwing siswa kelas VIII MTs Guppi Kalimbua Kabupaten Enrekang. Jenis penelitian ini adalah classroom action research (penelitian tindakan kelas). Sumber data penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia sebanyak 1 orang dan siswa kelas VIII MTs Guppi Kalimbua sebanyak 15 orang. Data penelitian ini adalah data proses dan data hasil pembelajaran. Teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi (pengamatan), dokumentasi, wawancara, dan tes. Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Proses pembelajaran memahami unsur-unsur drama melalui metode snowball throwing telah mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II setelah dilakukan perbaikan pada siklus II yaitu guru memaparkan secara jelas langkah-langkah pembelajaran dan lebih aktif dalam mengobservasi kegiatan pembelajaran siswa. Guru telah melakukan tahap-tahap pembelajaran metode snowball throwing secara maksimal sehingga siswa lebih terarah dan antusias mengikuti pembelajaran. Selama proses pembelajaran siswa tampak senang dan serius mengikuti pembelajaran, siswa memerhatikan dan merespon pembelajaran secara antusias, berperan aktif, dan merespon positif metode pembelajaran yang diterapkan. Hasil tes pembelajaran menunjukkan adanya peningkatan setelah mengikuti pembelajaran memahami unsur-unsur drama yaitu menentukan unsur intrinsik teks drama melalui metode snowball throwing. Hal ini dapat diketahui setelah membandingkan hasil tes pada siklus I dengan hasil tes pada siklus II. Hasil tes pada siklus I menunjukkan rata-rata siswa hanya mencapai nilai 69,60. Namun pada siklus II, hasil tes siswa menunjukkan rata-rata mencapai nilai 83,92. Hal ini menunjukkan peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 14,32 atau 20,57%. Berdasarkan temuan hasil penelitian tersebut, peneliti menyarankan agar guru kelas VIII MTs Guppi Kalimbua dapat mengoptimalkan dan mengarahkan siswa dalam memahami unsur-unsur drama dengan menerapkan metode snowball throwing sebagai metode pendamping dalam proses pembelajaran. Hal ini bertujuan untuk menumbuhkan minat dan motivasi siswa serta mengarahkan siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 27 Feb 2018 23:56
Last Modified: 27 Feb 2018 23:56
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5062

Actions (login required)

View Item View Item