“Peningkatan Kemampuan Berbicara melalui Model Student Teams Division Achievement (STAD) Siswa Kelas X-5 SMAN 3 Makassar”

NINGSIH K, DESI (2013) “Peningkatan Kemampuan Berbicara melalui Model Student Teams Division Achievement (STAD) Siswa Kelas X-5 SMAN 3 Makassar”. Diploma thesis, FBS.

[img] Text
PENDAHULUAN.docx

Download (16kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) peningkatan proses Student Teams Achievement Division (STAD) dan (2) peningkatan hasil pembelajaran kemampuan berbicara melalui model Student Tems Division Achievement siswa kelas X-5 SMAN 3 Makassar. Penelitian ini bersifat penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Data penelitian ini adalah data proses pembelajaran yang dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif dan data hasil pembelajaran yang dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru sebanyak 1 orang dan siswa kelas X-5 SMAN 3 Makassar yang berjumlah 34 orang. Pengambilan data dilakukan dengan teknik observasi dan tes keterampilan berbicara berupa unjuk kerja. Hasil penelitian ini menujukan bahwa pembelajaran mengemukakan hal-hal yang menarik atau mengesankan dalam cerpen mengalami peningkatan baik dalam proses pembelajaran maupun hasil pembelajaran. Pada siklus I kurang memuaskan karena Guru belum melaksanakan kegiatan pembelajaran secara maksimal. Guru kurang memberikan apresiasi terhadap siswa, tidak melaksanakn pembelajaran rutin, kurang memantau kemajuan siswa belajar selama proses pembelajaran, tidak melakukan refleksi dan tidak memberikan masukan atau penjelasan kepada pada siswa dengan memberikan pertanyaan. Proses pembelajaran siklus II jauh lebih baik dan memuaskan setelah dilakukan perbaikan terhadap masalah pada siklus I. Pada siklus II guru melakasanakan kegiatan pembelajaran mengemukakan hal-hal yang menarik atau mengesankan dalam cerpen. Hal tersebut berpengaruh pada proses aktivitas siswa pada sklus I sebanyak 9 (26%) orang, siswa bekerja sama dalam mengemukakan hal-hal yang menarik atau mengesankan dalam cerpen mengalami peningkat sebanyak 2 (6%) orang. Sedangaka nilai pada siklus II sebanyak 29 (85%) orang. Fokus penelitian ini adalah keterampilan kalimat, kelancaran ucapan, volume suara dan gaya penuturan. Siswa yang mampu mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal pada siklus I sebanyak 2 (6%) orang sedangkan pada siklus II sebanyak 29 (85,2%) siswa. Sesuai dengan hasil penelitian ini diajukan saran, yaitu guru Bahasa dan Sastra Indonesia, terkhusus di tingkat SMA hendaknya dalam menentukan model pembelajaran keterampilan berbicara siswa, agar siswa tidak bosan mengikuti pembelajaran. Berdasarkan fokus penelitian mengalami peningkatan maka diharapkan guru mata pelajaran Bahasa Indonesia menggunakan model Student Teams Achievement Division (STAD).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 27 Feb 2018 07:42
Last Modified: 27 Feb 2018 07:42
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5057

Actions (login required)

View Item View Item