.“Peningkatan Kemampuan Menulis Paragraf Eksposisi dengan Menggunakan Media Gambar Siswa Kelas X-A SMA Negeri 3 Pasangkayu Sulawesi Barat”

Sumiati, Indang (2013) .“Peningkatan Kemampuan Menulis Paragraf Eksposisi dengan Menggunakan Media Gambar Siswa Kelas X-A SMA Negeri 3 Pasangkayu Sulawesi Barat”. Diploma thesis, FBS.

[img] Text
BAB 1,2,3.docx

Download (83kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan proses pembelajaran dan peningkatan hasil pembelajaran menulis paragraf eksposisi dengan meggunakan media gambar siswa kelas X-A SMA Negeri 3 Pasangkayu Suawesi Barat. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Sumber data penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia 1 orang dan siswa kelas X-A SMA Negeri 3 Pasangkayu Sulawesi Barat yang berjumlah 34 orang. Teknik yang digunakan mengumpulkan data, yaitu observasi aktivitas guru dan siswa serta tes menulis paragraf eksposisi berupa soal esai berjumlah satu nomor. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan proses aktivitas guru dalam pembelajaran menulis paragraf eksposisi dengan menggunakan media gambar baik kegiatan awal, kegiatan inti, maupun kegiatan akhir pada siklus I pertemuan pertama dan kedua tidak terlaksana secara keseluruhan yaitu mengecek kesiapan siswa, memberikan kesempatan kepada siswa bertanya tentang hal-hal yang belum mereka pahami, mengadakan refleksi dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan memberikan penguatan terhadap simpulan dan memberikan refleksi kepada siswa. Aktivitas siswa berpartisipasi 58,33% dalam mengikuti proses pembelajaran. Sebaliknya, penggunaan media gambar dalam pembelajaran pada siklus II menunjukkan peningkatan proses ativitas guru dalam pembelajaran menulis paragraf eksposisi dengan menggunakan media gambar baik kegiatan awal, kegiatan inti, maupun kegiatan akhir terlaksana secara keseluruhan kecuali pada pertemuan pertama yaitu yang tidak terlaksana hanya pada pertemuan pertama yaitu memberikan penguatan terhadap simpulan dan memberikan refleksi kepada siswa. Dan aktivitas siswa berpartipasi 79,90% dalam pembelajaran menulis paragraf eksposisi menggunakan media gambar. Aktivita guru dalam pembelajaran kemampuan menulis paragraf eksposisi menggunakan media gambar meningkatkan hasil kemampuan menulis siswa. Peningkatan itu diketahui dari nilai rata-rata siswa secara keseluruhan pada siklus I sebesar 58.70 dan nilai rata-rata siklus II sebesar 77.91 dan sudah mencapai kriteria minimal (KKM). Berdasarkan nilai rata-rata siswa pada siklus I dan siklus II, mengalami peningkatan sebesar 19.21. Berdasarkan hasil penelitian diajukan saran sebagai berikut: 1) guru disarankan menggunakan media gambar dalam pembelajaran kemampuan menulis paragraf eksposis karena media dapat meningkatkan hasil menulis paragraf eksposisi, dan 3) peneliti selanjutnya disarankan menggunakan media gambar dalam melakukan penelitian terhadap aspek kemampuan menulis yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 27 Feb 2018 07:22
Last Modified: 27 Feb 2018 07:22
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5054

Actions (login required)

View Item View Item