“Peningkatan Pembelajaran Keterampilan Menulis Cerpen Melalui Metode Experiential Learning dan Media Lingkungan Siswa Kelas X-B MAN 3 Biringkanaya Makassar

Umar, Asriani (2013) “Peningkatan Pembelajaran Keterampilan Menulis Cerpen Melalui Metode Experiential Learning dan Media Lingkungan Siswa Kelas X-B MAN 3 Biringkanaya Makassar. Diploma thesis, FBS.

[img] Text
BAB I PENDAHULUANi.docx

Download (27kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) peningkatan proses pembelajaran keterampilan menulis cerpen melalui metode experiential learning dan media lingkungan siswa kelas X-B MAN 3 Biringkanaya Makaasar; (2) peningkatan hasil pembelajaran keterampilan menulis cerpen melalui metode experiential learning dan media lingkungan siswa kelas X-B MAN 3 Biringkanaya Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Data penelitian adalah data proses berupa aktivitas guru dan aktivitas siswa serta data hasil berupa hasil tes menulis cerpen. Sumber data penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia sebanyak 1 orang dan siswa Kelas X-B MAN 3 Biringkanaya Makassar sebanyak 20 orang. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data, yaitu: observasi, wawancara, dan tes. Data proses penelitian dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif sedangkan data hasil pembelajaran dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan atas 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pada proses pembelajaran, siswa mengalami perubahan perilaku dalam pembelajaran secara positif. Selama proses pembelajaran siswa tampak senang dan antusias mengikuti pelajaran, siswa memperhatikan dan merespon pembelajaran, siswa juga berperan aktif dan merespon positif metode dan media pembelajaran yang digunakan. (2) pada hasil pembelajaran, menunjukkan bahwa hasil tes keterampilan menulis cerpen pada siswa setelah pembelajaran mengalami peningkatan. Penerapan metode experiential learning dan media lingkungan mampu meningkatkan hasil tes siswa. Peningkatan tersebut ditandai dengan meningkatnya hasil tes siswa dari tahap siklus I nilai rata-rata ketuntasan belajar siswa 65,81 dan meningkat pada tahap siklus II dengan nilai rata-rata ketuntasan belajar mencapai 77,45. Hal ini menunjukkan bahwa hasil pembelajaran menulis cerpen siswa mengalami peningkatan sebanyak 11,64 dan dinyatakan berhasil. Penulis menyarankan sebagai berikut: (1) pada proses pembelajaran, guru dapat mengarahkan dan membimbing siswa supaya mengalami perubahan perilaku dalam pembelajaran secara positif. Agar proses belajar mengajar dapat berjalan dengan lancar dan kondusif. (2) pada hasil pembelajaran, diharapkan agar keterampilan menulis cerpen siswa melalui metode experiential learning dan media ingkungan lebih ditingkatkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 27 Feb 2018 06:59
Last Modified: 27 Feb 2018 06:59
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5049

Actions (login required)

View Item View Item