“Peningkatan Keterampilan Membaca Cerpen Melalui Model Cooperative Integrated Reading and Composition pada Siswa Kelas IX2 SMP Negeri 2 Sabbangparu Kabupaten Wajo.”

Mattoliang, Ridwan Andi (2013) “Peningkatan Keterampilan Membaca Cerpen Melalui Model Cooperative Integrated Reading and Composition pada Siswa Kelas IX2 SMP Negeri 2 Sabbangparu Kabupaten Wajo.”. Diploma thesis, FBS.

[img] Text
BAB I.docx

Download (21kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) proses pembelajaran dalam meningkatkan keterampilan membaca cerpen melalui model Cooperative Integrated Reading and Composition pada siswa kelas IX2 SMP Negeri 2 Sabbangparu kabupaten Wajo, (2) hasil pembelajaran dalam meningkatkan keterampilan membaca cerpen melalui model Cooperative Integrated Reading and Composition pada siswa kelas IX2 SMP Negeri 2 Sabbangparu Kabupaten Wajo. Penelitian ini bersifat penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilaksanakan secara bersiklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap yaitu: tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru sebanyak 1 orang dan siswa kelas IX2 SMP Negeri 2 Sabbangparu Kabupaten Wajo yang berjumlah 27 orang. Pengambilan data dilakukan dengan tes dan nontes. Teknik analisis data meliputi telaah data, reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Cooperative Integrated Reading and Composition dapat meningkatkan pembelajaran keterampilan membaca cerpen pada tahap proses dan hasil pembelajaran Proses pembelajaran keterampilan membaca cerpen melalui model Cooperative Integrated Reading and Composition telah mengalami peningkatan setelah dilakukan perbaikan pada siklus II. Kekurangan yang terdapat pada siklus I yaitu guru belum memaparkan secara jelas langkah-langkah pembelajaran, indikator penilaian dan memberi penguatan terhadap simpulan dan refleksi yang diberikan siswa sehingga hal tersebut memengaruhi proses dan hasil pembelajaran siswa. Kekurangan-kekurangan tersebut telah diperbaiki pada siklus II. Hasil pembelajaran keterampilan membaca cerpen melalui model Cooperative Integrated Reading and Composition pada penelitian ini menunjukkan adanya peningkatkan. Hal ini dapat diketahui setelah membandingkan hasil tes pada siklus I dan hasil tes pada siklus II. Hasil tes pada siklus I menunjukkan rata-rata siswa hanya mencapai kategori cukup. Namun, pada siklus II, hasil tes siswa sudah mencapai kategori baik dan kategori sangat baik. Peningkatan hasil tes siklus I ke siklus II sebesar 17,5 atau 26,74%. Pada siklus I, nilai rata-rata yang diperoleh siswa sebesar 65,45 sedangkan pada siklus II, hasil yang dicapai sebesar 82,95. Berdasarkan hasil penelitia ini, peneliti menyarankan agar guru kelas IX2 SMP Negeri 2 Sabbangparu Kabupaten Wajo dapat mengarahkan siswa untuk mengoptimalkan kemampuannya dalam menemukan tema, latar, tokoh dan penokohan cerpen dengan menerapkan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition dalam proses pembelajaran. Hal ini bertujuan mengarahkan siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 27 Feb 2018 06:05
Last Modified: 27 Feb 2018 06:05
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5028

Actions (login required)

View Item View Item