“Keefektifan Penggunaan Model Pembelajaran Picture and Picture dalam Pembelajaran Menulis Paragraf Deskripsi pada Siswa Kelas X SMA Negeri 21 Makassar”

Handayani, Enda Reski (2013) “Keefektifan Penggunaan Model Pembelajaran Picture and Picture dalam Pembelajaran Menulis Paragraf Deskripsi pada Siswa Kelas X SMA Negeri 21 Makassar”. Diploma thesis, FBS.

[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.docx

Download (32kB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan kemampuan siswa dalam pembelajaran menulis paragraf deskripsi dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture, (2) mendeskripsikan kemampuan siswa dalam pembelajaran menulis paragraf deskripsi dengan menggunakan model pembelajaran langsung, dan (3) mengetahui perbedaan kemampuan siswa dalam pembelajaran menulis paragraf deskripsi dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture dan menggunakan model pembelajaran langsung. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang melibatkan dua kelas (eksperimen dan kontrol). Adapun sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X4 (kelas eksperimen) dan kelas X3 (kelas kontrol) SMA Negeri 21 Makassar yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik pemberian tugas. Keseluruhan data yang diperoleh dianalisis dalam dua tahap: (1) analisis statistik deskriptif jenis persentase dan (2) analisis statistik inferensial jenis uji t. Hasil yang diperoleh dari analisis statistik deskriptif adalah (1) kemampuan siswa dalam pembelajaran menulis dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture berada dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 81,53 dari skor ideal 100 dengan persentase 85,1%; (2) kemampuan siswa dalam pembelajaran menulis dengan menggunakan model pembelajaran langsung berada dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata 73,57 dari skor ideal 100 dengan persentase 46,7%; dan (3) hasil analisis statistik inferensial dengan uji t diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu 6,751 > 2,515. Dari hasil uji t tersebut disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture dan yang menggunakan model pembelajaran langsung. Jadi model pembelajaran picture and picture efektif digunakan dalam pembelajaran menulis paragraf deskripsi pada siswa kelas X SMA Negeri 21 Makassar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 27 Feb 2018 06:01
Last Modified: 27 Feb 2018 06:01
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5027

Actions (login required)

View Item View Item