“Peningkatan pembelajaran Memahami Wacana Lisan dalam Kegiatan Wawancara Melalui Metode Tutor Sebaya (Reciprocal Teaching) pada kelas V11-A SMP Negeri 1 Lasusua Kabupaten Kolaka Utara.”

Perawati, Lisa (2013) “Peningkatan pembelajaran Memahami Wacana Lisan dalam Kegiatan Wawancara Melalui Metode Tutor Sebaya (Reciprocal Teaching) pada kelas V11-A SMP Negeri 1 Lasusua Kabupaten Kolaka Utara.”. Diploma thesis, FBS.

[img] Text
ISI SKRIPSI.docx

Download (178kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kualitas pembelajaran tentang Memahami Wacana Lisan dalam Kegiatan Wawancara Melalui Metode Tutor Sebaya (Reciprocal Teaching) pada kelas V11-A SMP Negeri 1 Lasusua Kabupaten Kolaka Utara pada tahap: (1) proses pembelajaran dan (2) hasil pembelajaran. Penelitian ini digolongkan ke dalam penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research), karena bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas, baik proses maupun hasil dari pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pemaparan data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Perencanaan pembelajaran tentang memahami wacana lisan khususnya dalam kegiatan wawancara melalui metode tutor sebaya (reciprocal teaching) terkhusus dalam kegiatan wawancara melalui rekaman wawancara dalam hasil perbaikan. Selanjudnya, tahap-tahap pelaksanaan pada metode tutor sebaya (reciprocal teaching) secara maksimal sehingga peserta didik lebih antusias mengikuti pembelajaran. Pada tahap penilaian, hasil penilaian menunjukkan adanya peningkatan setelah mengikuti pelajaran tentang memahami wacana lisan dalam kegiatan wawancara terkhusus dalam kegiatan wawancara melalui rekaman wawancara dengan metode tutor sebaya (reciprocal teaching). Hal ini dapat diketahui setelah membandingkan hasil tes pada siklus I dengan hasil siklus II. Hasil tes pada siklus I menunjukkan rata-rata peserta didik baru mencapai kategori cukup (69,2). Pada siklus II, hasil tes peserta didik sudah mencapai kategori sangat baik (84,6). Peningkatan siklus II dari siklus I sebesar 15,4%. Berdasarkan temuan hasil peneliti tersebut, peneliti menyarankan agar guru kelas VII –A SMP Negeri 1 Lasusua Kabupaten Kolaka Utara dapat mengarahkan peserta didik untuk mengoptimalkan kemampuan dalam menyimak kegiatan wawancara dengan menerapkan metode tutor sebaya (reciprocal teaching) dalam proses pembelajaran. Hal ini bertujian untuk menumbuhkan minat dan mitivasi peserta didik. Selain itu, disarankan kepada peneliti lain agar melakukan penelitian lanjutan pada aspek yang berbeda untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, khususnya pembelajaran bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 27 Feb 2018 05:51
Last Modified: 27 Feb 2018 05:51
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5022

Actions (login required)

View Item View Item