“Perbandingan Kemampuan Menulis Cerpen Menggunakan Media Gambar Berwarna dengan Media Lingkungan Sekitar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Pangkajene Kabupaten Pangkep”

NURBAYA, ANDI (2013) “Perbandingan Kemampuan Menulis Cerpen Menggunakan Media Gambar Berwarna dengan Media Lingkungan Sekitar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Pangkajene Kabupaten Pangkep”. Diploma thesis, FBS.

[img] Text
BAB I.docx

Download (21kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk:(1) mendeskripsikan kemampuan menulis cerpen menggunakan media gambar berwarna;(2) mendeskripsikan kemampuan menulis cerpen menggunakan media lingkungan sekitar;(3) membuktikan perbedaan kemampuan menulis cerpen menggunakan media gambar berwarna dan media lingkungan sekitar pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Pangkajene Kabupaten Pangkep. Penelitian ini adalah penelitian yang bersifat deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas X SMA Negeri 1 Pangkajene Kabupaten Pangkep tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 320 siswa dan terbagi dalam sepuluh kelas. Jumlah sampel sebanyak 20% dari jumlah populasi atau 20% dari 320 siswa. Jadi, jumlah sampel yang ditetapkan adalah 64 siswa. Penarikan sampel dilakukan dengan sampel bertujuan (purposive sample) dengan pertimbangan bahwa sampel mempunyai karakteristik yang sama. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah tes menulis cerpen menggunakan media gambar berwarna dan media lingkungan sekitar. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik statistic deskriptif dan statistic inferensial parametik yang diolah dengan bantuan program komputer statistical product service solution (SPSS) versi 16 windows. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh temuan bahwa: (1) Kemampuan menulis cerpen dengan menggunakan media gambar berwarna siswa kelas X1 SMA Negeri 1 Pangkajene Kabupaten Pangkep dikategorikan sedang dengan nilai rata-rata 74,32; (2) Kemampuan menulis cerpen menggunakan media lingkungan sekitar siswa kelas X2 SMA Negeri 1 Pangkajene Kabupaten Pangkep dikategorikan tinggi dengan nilai rata-rata 79,01; (3) Berdasarkan uji t nilai thitung = 1,680 > ttabel 0,05. Sehingga H1 diterima dan H0 ditolak. Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan menulis cerpen siswa menggunakan media gambar berwarna dan media lingkungan sekitar pada siswa SMA Negeri 1 Pangkajene Kabupaten Pangkep. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi salah satu bahan acuan dalam bidang studi Bahasa Indonesia bagi yang akan mengadakan penelitian lanjutan yang mendalam dan relevan, khususnya penelitian yang lebih luas tentang pembelajaran menulis cerpen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pendidikan Bahasa dan sastra Bahasa Indonesia
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 27 Feb 2018 05:47
Last Modified: 27 Feb 2018 05:47
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5020

Actions (login required)

View Item View Item