KORELASI KEDISIPLINAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDI PENDIDIKAN IPS DI SMP NEGERI 1 MARIORIAWA

Musliadi, Musliadi (2015) KORELASI KEDISIPLINAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDI PENDIDIKAN IPS DI SMP NEGERI 1 MARIORIAWA. Diploma thesis, FIS.

[img] Text
BAB 1.doc

Download (41kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kedisiplinan siswa di SMP Negeri 1 Marioriawa, (2) prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial di SMP Negeri 1 Marioriawa, (3) pengaruh yang signifikan antara kedisiplinan terhadap prestasi belajar siswa di SMP Negeri 1 Marioriawa. Penelitian dilakukan dengan pendekatan statistik kuantitatif deskriptif. Variabel penelitian ini terdiri dari korelasi kedisiplinan (variabel X) dan prestasi belajar (variabelY). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 1 Marioriawa, yang terdiri dari 3 (tiga) kelas dan berjumlah 443 siswa. Sampel diambil dengan menggunakan teknik Proposional Random Sampling, diambil 10% dari populasi dan didapatkan 43 siswa. Teknik pengumpulan data variabel bebas yaitu korelasi kedisiplinan menggunakan teknik angket, sedangkan data variabel terikat prestasi belajar menggunakan dokumentasi nilai rapor. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistik deskriptif dan teknik analisis infersensial. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa (1) korelasi kedisiplinan siswa di SMP Negeri 1 Marioriawa dalam kategori “cukup tinggi”, (2) Gambaran prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Marioriawa tergolong dalam kategori “baik”, (3) Serta ada pengaruh yang signifikan antara kedisiplinan terhadap peningkatan prestasi belajar siswa di SMP Negeri 1 Marioriawa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > Pendidikan Ilmu Pengetahuan sosial
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 26 Feb 2018 02:32
Last Modified: 26 Feb 2018 02:32
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/4944

Actions (login required)

View Item View Item