Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Melalui Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick di Kelas XII IPS SMA Negeri I Mangkutana

BUDIANTO, ERVAN (2014) Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Melalui Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick di Kelas XII IPS SMA Negeri I Mangkutana. Diploma thesis, FIS.

[img] Text
BAB I.docx

Download (22kB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah dengan menggunakan model pembelajaran talking stick di Kelas XII IPS 6 SMA Negeri I Mangkutana. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) dimana dalam penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus dan masing-masing siklus dilaksanakan sebanyak tiga kali pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Teknik analisis kualitatif dan teknik analisis kuantitatif. Prosedur penelitian yang di gunakan meliputi perencanaan, pelaksanaan, tindakan observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa keas XII IPS 6 SMA Negeri I Mangkutana yang berjumlah 28 siswa yag terdiri 12 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan pada Tahun ajaran 2013/2014. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran talking stick dapat meningkatkan motivasi belajar hal ini dapat dilihat dari hasil observasi kegiatan siswa pada siklus I dan Siklus II. Hasil observasi pada siklus I pertemuan ke 1 diperoleh 58.33% berada dalam kategori rendah, pertemuan ke 2 diperoleh 70% berada dalam kategori sedang dan pertemuan ke 3 diperoleh75% berada dalam kategori tinggi, Sedangkan hasil observasi pada siklus II pertemuan ke 1 diperoleh 60% berada dalam kategori sangat sedang, pertemuan ke 2 diperoleh 83.33% berada dalam kategori tinggi dan pertemuan ke 3 diperoleh 91.66% berada dalam kategori sangat tinggi. Hasil angket yang diperoleh pada siklus 1 adalah skor total 2578 menghasilkan presentase rata-rata motivasi belajar 73.65% dengan kategori cukup sedangkan hasil angket pada siklus II diperoleh skor total 2898 dan menghasilkan presentase rata-rata motivasi belajar 82.8% berada dalam kategori tinggi. Kesimpulan penelitian ini yaitu dengan menerapkan model pembelajaran Talking Stick pada matapelajaran sejarah dengan materi peristiwa seputar proklamasi dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada kelas XII IPS 6 SMA Negeri I Mangkutana.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > Pendidikan Sejarah
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 21 Feb 2018 05:47
Last Modified: 21 Feb 2018 05:47
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/4849

Actions (login required)

View Item View Item