Analisis Pemahaman Konsep Perbandingan Trigonometri Ditinjau dari Tingkat Kemampuan Siswa Kelas X SMA Negeri 11 Makassar.

A. Fauziah, Mustafa (2014) Analisis Pemahaman Konsep Perbandingan Trigonometri Ditinjau dari Tingkat Kemampuan Siswa Kelas X SMA Negeri 11 Makassar. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
A. Fauziah Mustafa, 2014.docx

Download (14kB)

Abstract

ABSTRAK A. Fauziah Mustafa, 2014. Analisis Pemahaman Konsep Perbandingan Trigonometri Ditinjau dari Tingkat Kemampuan Siswa Kelas X SMA Negeri 11 Makassar. Skripsi. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui deskripsi pemahaman konsep siswa terhadap materi perbandingan trigonometri. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X.1 SMA Negeri 11 Makassar. Subjek penelitian terdiri dari 2 siswa berkemampuan tinggi yang selanjutnya disebut subjek tinggi, 2 siswa berkemampuan sedang yang selanjutnya disebut subjek sedang, dan 2 siswa berkemampuan rendah yang selanjutnya disebut subjek rendah. Jenis pemahaman siswa ditinjau dari pemahaman yang dikemukakan oleh Skemp, yaitu pemahaman relasional dan pemahaman instrumental. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri yang dibantu dengan instrumen lain berupa tes kemampuan awal dan pedoman wawancara. Fokus penelitian ini adalah mendeskripsikan pemahaman siswa terhadap konsep perbandingan trigonometri. Untuk mengungkap data penelitian, dilakukan wawancara berbasis tugas kepada subjek penelitian. Data penelitian divalidasi dengan melakukan triangulasi waktu. Data penelitian di analisis dengan (a) menelaah data subjek dan membandingkan data wawancara untuk memperoleh data yang valid, (b) melakukan reduksi data dengan membuat abstraksi, (c) mengklasifikasi dan mengidentifikasi data untuk menarik kesimpulan dari data. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) pemahaman subjek tinggi (ST): (a) pemahaman terhadap perbandingan-perbandingan trigonometri, hipotenusa, dan sudut-sudut istimewa termasuk pemahaman relasional, (b) pemahaman terhadap sudut berelasi termasuk pemahaman instrumental, (c) pemahaman subjek tinggi pertama (ST1) dan pemahaman subjek tinggi kedua (ST2) berbeda terkait tanda (positif atau negative) pada sudut berelasi, ST1 termasuk pemahaman relasional sedangkan ST2 termasuk pemahaman instrumental; (2) pemahaman subjek sedang (SS): (a) pemahaman terhadap perbandingan-perbandingan trigonometri dan hipotenusa termasuk pemahaman relasional, (b) pemahaman terhadap sudut-sudut istimewa termasuk pemahaman instrumental, (c) pemahaman terhadap tanda (positif atau negatif) pada sudut berelasi tidak termasuk dalam kedua pemahaman, (d) Pemahaman SS1 berbeda dengan pemahaman SS2 terkait sudut berelasi, pemahaman SS1 termasuk pemahaman instrumental sedangkan pemahaman SS2 tidak termasuk dalam kedua kategori pemahaman; (3) pemahaman subjek rendah (SR): (a) pemahaman terhadap hipotenusa termasuk pemahaman relasional, (b) pemahaman terhadap sudut-sudut istimewa dan sudut berelasi termasuk pemahaman instrumental, (c) Pemahaman terhadap perbandingan-perbandingan trigonometri tidak termasuk dalam kedua kategori pemahaman, (d) pemahaman SR1 berbeda dengan pemahaman SR2 terkait tanda (positif atau negative), pemahaman SR1 tidak termasuk dalam kedua kategori pemahaman sedangkan pemahaman SR2 termasuk pemahaman relasional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > Matematika
Divisions: ?? sch_mat ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 27 Apr 2016 05:51
Last Modified: 27 Apr 2016 05:51
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/469

Actions (login required)

View Item View Item