UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA MENGGUNAKAN LKS YANG BERORIENTASI PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS VIIIA SMP NEGERI 3 GALESONG UTARA

Hamsinarwati, Hamsinarwati (2014) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA MENGGUNAKAN LKS YANG BERORIENTASI PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS VIIIA SMP NEGERI 3 GALESONG UTARA. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
Artikel.docx

Download (57kB)

Abstract

Hamsinarwati1), Jasruddin2) 1)Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar, Makassar 90222 Email : hamsinarwatisakib@yahoo.co.id 2)Dosen Pascasarjana Universitas Negeri Makassar, Makassar Email : ABSTRAK Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas, hasil belajar fisika, serta respon siswa kelas VIII.A SMP Negeri 3 Galesong Utara dengan menggunakan LKS yang berorientasi pada Pembelajaran Kooperatif tipe Make a Match. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII.A SMP Negeri 3 Galesong Utara yang terdiri dari 26 siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus yang terdiri dari empat tahap kegiatan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data aktivitas siswa diperoleh melalui pengamatan pada saat pembelajaran berlangsung, data hasil belajar fisika siswa diperoleh melalui tes hasil belajar serta respon siswa melalui angket yang diberikan tiap akhir siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II, peningkatan nilai rata-rata hasil belajar pada siklus I memperoleh 71,79 dan pada siklus II sebesar 78,46, serta respon siswa positif terhadap penggunaan LKS yang berorientasi pada Pembelajaran Kooperatif tipe Make A Match. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan LKS yang berorientasi pada pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan aktivitas belajar, hasil belajar fisika siswa, serta respon positif siswa terhadap pembelajaran. Kata Kunci: aktivitas, hasil belajar fisika, LKS, pembelajaran kooperatif tipe make a match

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > FISIKA (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 07 Feb 2018 06:47
Last Modified: 07 Feb 2018 06:47
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/4650

Actions (login required)

View Item View Item