Peningakatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Fisika Melalui Pendekatan Pengajaran Terbalik Pada Peserta Didik Kelas VII A SMP Negeri 3 Tondong Tallasa Kab. Pangkep

Melina, Andi Irma (2014) Peningakatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Fisika Melalui Pendekatan Pengajaran Terbalik Pada Peserta Didik Kelas VII A SMP Negeri 3 Tondong Tallasa Kab. Pangkep. S1 thesis, Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA MELALUI PENDEKATAN PENGAJARAN TERBALIK PADA PESERTA DIDIK KELAS VII A SMP NEGERI 3.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK ANDI IRMA MELINA.2013. (dibimbing oleh Muhammad Tawil dan Aisyah Azis). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Clasroom Action Research), yang meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi yang dilaksanakan dengan dua siklus. Tindakan yang dilakukan bertujuan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar fisika peserta didik melalui pendekatan pengajaran terbalik. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Tondong Tallasa kelas VII A pada semester genap tahun pelajaran 2011/2012 yang terdiri dari 21 siswa. Analisis data dalam penelitian ini, dianalisis secara kualitatif dan didukung dengan analisis kuantitatif, Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi aktivitas peserta didik, tes hasil belajar fisika dalam aspek kognitif, angket hasil belajar dalam aspek afektif dan lembar observasi dalam aspek psikomotor . Dari hasil penelitian ini diperoleh data bahwa, Aktivitas belajar peserta didik selama pengajaran terbalik berlangsung telah sesuai yang diharapkan, begitu pula dengan hasil belajar fisika aspek kognitif mengalami peningkatan yakni rata-rata skor peserta didik pada siklus I 62,62 dan siklus II 71,86, hasil belajar fisika peserta didik aspek afektif mengalami peningkatan yakni rata-rata skor peserta didik pada siklus I 42,23 dan siklus II 56,54, untuk hasil belajar fisika peserta didik aspek psikomotor mengalami peningkatan yakni rata-rata skor pada siklus I 4,42 % dan siklus II 6,52 %. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan pendekatan pengajaran terbalik dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar fisika peserta kelas VII A SMP Negeri 3 Tondong Tallasa Kab. Pangkep.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > FISIKA (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 07 Feb 2018 03:35
Last Modified: 07 Feb 2018 03:35
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/4640

Actions (login required)

View Item View Item