Pengaruh Kompetensi Profesional Guru dan Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar di Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa

Nasar, Ikbal Muladi (2016) Pengaruh Kompetensi Profesional Guru dan Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar di Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. S1 thesis, Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL DAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU PENDIDIKAN JASMANI SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN SOMBA OPU KABUPATEN GOWA.pdf

Download (659kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK IKBAL MULADI NASIR.(dibimbing oleh Andi Ihsan dan Suwardi). Penelitian ini bertujuan untuk; 1) mengetahui apakah ada pengaruh kompetensi profesional terhadap kinerja guru Penjas SD di Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa, 2) mengetahui apakah ada pengaruh kepemimpinan kepala sekpolah terhadap kinerja guru Penjas SD di Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa, 3) mengetahui apakah ada pengaruh secara simultan kompetensi profesional dan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru Penjas SD di Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar di Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa dengan jumlah 35 orang. Pengumpulan data menggunakan teknik kuesioner, wawancara, observasi, dan penelahan dokumentasi. Analisis data yang digunakan analisis statistik regresi linier berganda (multiple regression), dalam perhitungannya menggunakan program SPSS 18 for Windows. Hasil penelitian menujukkan bahwa; 1) Koefisien regresi variabel Kompetensi Profesional Guru (X1) jika variabel independen lain nilainya tetap dan Kompetensi Profesional Guru mengalami kenaikan, maka Kinerja (Y) juga mengalami kenaikan. Koefisien bernilai positif artinya terjadi hubungan positif antara Kompetensi Profesional Guru dengan Kinerja, semakin baik Kompetensi Profesisonal maka semakin baik Kinerja Guru, 2) Koefisien regresi variabel Kepemimpinan Kepala Sekolah (X2) jika variabel independen lain nilainya tetap dan Kepemimpinan Kepala Sekolah mengalami kenaikan, maka Kinerja Guru (Y) juga mengalami peningkatan. Koefisien bernilai positif artinya terjadi hubungan positif antara Kepemimpinan Kepala Sekolah dengan Kinerja Guru, semakin baik Kepemimpinan Kepala Sekolah maka semakin meningkat Kinerja Guru, dan 3) Kompetensi Profesional Guru dan Kepemimpinan Kepala Sekolah berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap Kinerja Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar di Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. Pengaruhnya sebesar 47,40 persen dan selebihnya (52,60%) dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Jasmani dan Olahraga (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 07 Feb 2018 02:55
Last Modified: 07 Feb 2018 02:55
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/4633

Actions (login required)

View Item View Item