Komparasi Keefektifan Pendekatan Saintifik dan Pendekatan Open Ended Setting Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) dalam Pembelajaran Matematika pada Siswa Kelas VIII MTs Negeri Parepare

Nasra, Nasra (2015) Komparasi Keefektifan Pendekatan Saintifik dan Pendekatan Open Ended Setting Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) dalam Pembelajaran Matematika pada Siswa Kelas VIII MTs Negeri Parepare. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
Artikel NASRA.docx

Download (67kB)

Abstract

ABSTRAK Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk: mengetahui perbandingan keefektifan antara pendekatan saintifik dan pendekatan open ended setting kooperatif tipe Number Head Together (NHT) pada materi faktorisasi suku aljabar. Perbandingan keefektifan yang dimaksud dilihat dari (1) aktivitas siswa, (2) minat siswa, dan (3) hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelasVIII MTs Negeri Parepare dan sampel terdiri dari dua kelas yakni kelas eksperimen Idiajarkan menggunakan pendekatan saintifikdan kelas eksperimen II diajarkan menggunakan pendekatan open ended setting kooperatif tipe number head together. Data yang dikumpulkan terdiriatas hasil belajar siswa, data aktivitas siswa dalam pembelajaran, dan data minat siswa terhadap perangkat dan pembelajaran.Data aktivitas siswa dan minat siswa dianalisis menggunakan persentase sedangkan data hasil belajar siswa dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukan bahwa Hasil belajar siswa yang diajar dengan pendekatan saintifik setting kooperatif tipe NHT berada pada kategori tinggi dengan rata-rata 84,22 dan standar deviasi 7,029. Serta terjadi peningkatan kemampuan siswa yang signifikan dari pre-test ke post-test, dengan taraf signifikan 0,001. Aktivitas siswa dalam pembelajaran minimal berada pada kategori baik serta minat siswa terhadap perangkat dan pembelajaran termasuk dalam kategori berminat. Hasil belajar siswa yang diajar dengan pendekatan open ended setting kooperatif tipe NHT berada pada kategori Tinggi dengan rata-rata 89,04 dan standar deviasi 5,396 Serta terjadi peningkatan kemampuan siswa yang signifikan dari pre-test ke post-test, diperoleh taraf signifikan 0,001. Aktivitas siswa dalam pembelajaran minimal berada pada kategori baik serta minat siswa terhadap perangkat pembelajaran termasuk dalam kategori berminat. Hasil uji hipotesis pada taraf siginifikan α=0,05 dengan uji-t menunjukan bahwa pendekatan open ended lebih efektif daripada pendekatan saintifik dengan materi pokok Faktorisasi Suku Aljabar dikelas VIII MTs Negeri Parepare.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 05 Feb 2018 06:11
Last Modified: 05 Feb 2018 06:11
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/4609

Actions (login required)

View Item View Item