Efektivitas Penggunaan Media Gambar dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Eksposisi Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Segeri Kabupaten Pangkep”

Muhtar, Muhtar (2014) Efektivitas Penggunaan Media Gambar dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Eksposisi Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Segeri Kabupaten Pangkep”. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
REVISI TESIS PASCA HASIL.docx

Download (180kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini adalah penelitian eksperimen true experimental design yang bertujuan untuk mengkaji efektivitas penggunaan media gambar dalam keterampilan menulis eksposisi siswa kelas X di SMA Negeri 1 Segeri Kabupaten Pangkep. Desain penelitian yang digunakan yaitu pretest-posttest control group design. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Segeri Kabupaten Pangkep. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Segeri Kabupaten pangkep tahun pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 224 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara acak dengan teknik penentuan sampel yaitu simple random sampling. Sampel yang terpilih yaitu kelas X B sebagai kelas kontrol dan X D sebagai kelas eksperimen. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan SPPS versi 20 for windows menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, kemampuan siswa dalam keterampilan menulis eksposisi dengan menggunakan media gambar pada kelas eksperimen menunjukkan hasil bahwa nilai rata-rata yang diperoleh siswa yaitu 82,72, siswa mampu memeroleh nilai ketuntasan dan berada di atas KKM yang telah ditetapkan 32 orang siswa (97%) dan siswa yang berada di bawah KKM hanya 1 orang siswa (3%). Sedangkan kemampuan siswa dalam keterampilan menulis eksposisi tanpa menggunakan media gambar (pembelajaran konvensional) pada kelas kontrol menunjukkan hasil bahwa nilai rata-rata yang diperoleh siswa yaitu 79,45, siswa yang mampu memeroleh nilai ketuntasan dan berada di atas KKM yang telah ditetapkan 23 orang siswa (69,7%) dan siswa yang berada di bawah KKM sebesar 10 orang siswa (30,3%). Jadi berdasarkan hasil penelitian tersebut, menunjukkan bahwa penggunaan media gambar dalam keterampilan menulis eksposisi efektif diterapkan dalam pembelajaran menulis eksposisi. Kata kunci : Penggunaan media, pembelajaran menulis eksposisi, efektif

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > BAHASA INDONESIA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 01 Feb 2018 07:16
Last Modified: 01 Feb 2018 07:16
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/4574

Actions (login required)

View Item View Item