Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Dengan Penguatan Self Assessment Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 1 Watubangga Kabupaten Kolaka

Purwana, I gede (2016) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Dengan Penguatan Self Assessment Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 1 Watubangga Kabupaten Kolaka. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
FULL PAPER I GEDE PURWANA.doc

Download (855kB)

Abstract

Abstrak— Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar fisika antara peserta didik yang diajar melalui model pembelajaran kooperatif tipe group investigation yang diberi penguatan self assessment (GISA) dengan peserta didik yang diajar melalui pembelajaran konvensional ditinjau dari aspek minat belajar, dan untuk mengetahui interaksi antara model pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain factorial 2×2. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas XI IPA SMA N 1 Watubangga yang terdiri dari 5 kelas. Dari populasi yang ada diambil sampel 4 kelas secara random yaitu 2 kelas sebagai kelompok eksperimen yang diajar dengan model GISA dan 2 kelas sebagai kelompok kontrol yang diajar secara konvensional. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah instrumen tes hasil belajar dan non tes kuesioner minat belajar. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistic inferensial menggunakan uji ANAVA dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) secara keseluruhan, terdapat perbedaan hasil belajar fisika peserta didik antara yang diajar melalui model pembelajaran GISA dengan peserta didik yang diajar secara konvensional; 2) Untuk kelompok peserta didik yang memiliki minat belajar tinggi, terdapat perbedaan hasil belajar fisika antara yang diajar melalui model pembelajaran GISA dengan yang diajar melalui pembelajaran konvensional; 3) Untuk kelompok peserta didik yang memiliki minat belajar rendah, terdapat perbedaan hasil belajar fisika antara yang diajar melalui model pembelajaran GISA dengan yang diajar melalui pembelajaran konvensional; 4) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar fisika peserta didik. Kata Kunci: group investigation dengan penguatan self assessment (GISA), konvensional, minat belajar, hasil belajar fisika.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > FISIKA (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 29 Jan 2018 00:59
Last Modified: 29 Jan 2018 00:59
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/4536

Actions (login required)

View Item View Item