“Profil Pemecahan Masalah Matematika Berbentuk Open-Ended Pada Materi Lingkaran pada Kelas VIII SMPN 2 Pangkajene” “The Profile of Mathematics Problem Solving with Open-Ended Problems on the Topic of Circle at Grade VIII of SMPN 2 Pangkajene”.

Rasni, Ayu Rezki (2017) “Profil Pemecahan Masalah Matematika Berbentuk Open-Ended Pada Materi Lingkaran pada Kelas VIII SMPN 2 Pangkajene” “The Profile of Mathematics Problem Solving with Open-Ended Problems on the Topic of Circle at Grade VIII of SMPN 2 Pangkajene”. Diploma thesis, FMIPA.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI AYU REZKI RASNI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah penyelesaian yang ditempuh siswa dalam menyelesaikan masalah matematika berbentuk open-ended. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Untuk mencapai tujuan ini, peneliti memberikan tes pemecahan masalah matematika open-ended dan wawancara kepada tiga siswa kelas VIII SMPN 2 Pangkajene. Tiga siswa tersebut dengan masing-masing dari kategori tinggi (FT), kategori sedang (YS), dan kategori rendah (RR). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa profil pemecahan masalah subjek berdasarkan Polya adalah: (1) Memahami masalah (understanding the problem), FT dan YS dapat menentukan apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan dengan tepat sedangkan RR belum mampu menentukan apa yang diketahui dengan tepat. (2) Menyusun rencana penyelesaian (devising a plan), FT dan YS dapat merencanakan penyelesaian atau pemecahan masalah sedangkan RR belum mampu merencanakan penyelesaian atau pemecahan masalah. (3) Melakukan rencana penyelesaian (carrying out a plan), FT dan YS mampu menemukan satu atau lebih cara penyelesaian atau satu atau lebih jawaban yang benar serta terampil dalam operasi hitung sedangkan RR belum mampu menemukan satu atau lebih cara penyelesaian atau satu atau lebih jawaban yang benar tetapi terampil dalam operasi hitung dan ketepatan menjawab soal (4) Memeriksa kembali (looking back), FT, YS dan RR belum melakukan langkah-langkah pemeriksaan kembali solusi yang diperoleh tetapi dapat menyimpulkan hasil penyelesaian soal atau menafsirkan solusi yang telah diperoleh. Kata Kunci : Pemecahan Masalah dan Open-Ended vi ABSTRACT Abstract: This research was aims to determine the steps to resolve adopted students in solving mathematical problems in open-ended problem. The research method used was descriptive qualitative. To achieve this goal, researchers gave tests of mathematical problem solving with open-ended and interviews to 3 students at grade VIII SMPN 2 Pangkajene. The three students with each of the categories are high category (FT), middle category (YS), and low category (RR). Based on the results showed that the profile of problem solving by Polya are: (1) Understanding the problem, FT and YS can determine what is known and what is asked correctly while RR has not been able to determine what is known correctly. (2) Devising a plan, FT and YS can plan settlement or problem solving while RR has not been able to plan settlement or problem solving. (3) Carrying out a plan, FT and YS able to find one or more of the settlement or one or more correct answers and skilled in arithmetic operations while RR has not been able to find one or more of the settlement or one or more answers correct but skilled in arithmetic operations. (4) Looking back, FT, YS and RR has not taken steps reexamination of the obtained solution but can conclude the settlement of a matter or interpreting solutions has been obtained. Keywords: Problem Solving and Open-ended

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
FMIPA
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 02 Jan 2018 05:43
Last Modified: 02 Jan 2018 05:43
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/4436

Actions (login required)

View Item View Item